FTP Unej Pamerkan 32 Produk Inovasi Pangan

Rabu, 09 Mei 2018 22:36:49
Reporter : Oryza A. Wirawan
FTP Unej Pamerkan 32 Produk Inovasi Pangan

Jember (beritajatim.com) - Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur memamerkan 32 produk inovasi pangan lokal dalam acara gelar produk inovasi  mahasiswa, Rabu (9/5/2018).

Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) FTP Universitas Jember Ahmad Nafi mengatakan, program yang diselenggarakan setiap tahun ini diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa semester enam yang sudah menempuh mata kuliah Pengembangan Produk Baru khususnya pangan lokal. Kegiatan ini sekaligus tes pasar.

"Melalui kegiatan ini para mahasiswa akan mendapatkan masukan mengenai kelayakan produk inovasi mereka untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah bisnis,” kata Nafi.

Kegiatan ini untuk mendukung ketahanan pangan bangsa Indonesia dengan memanfaatkan segala bentuk sumber daya pangan lokal. Sebelum membuat produk baru, mahasiswa wajib melakukan analisis bisnis serta menentukan harga dari sebuah produk yang mereka buat.

Dewan juri adalah praktisi inovasi pangan dari Mitra Tani 27 Jember, jurnalis, dan para akademisi FTP. Mereka menilai produk yang dipamerkan secara keseluruhan layak untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Namun menurutnya masih perlu dilakukan sentuhan inovasi dalam proses pengemasan. [wir/suf]

Tag : unej

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan