PMI Serap Darah Sebanyak-banyaknya Jelang Bulan Puasa

Minggu, 15 April 2018 10:58:23
Reporter : Tulus Adarrma
PMI Serap Darah Sebanyak-banyaknya Jelang Bulan Puasa

Bojonegoro (beritajatim.com)--Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bojonegoro, menggiatkan kegiatan donor darah dengan menggalang berbagai instansi dan sekolah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah pada bulan puasa mendatang.

Kepala PMI Kabupaten Bojonegoro, Dokter Ahmad Hernowo mengatakan, penyerapan darah sebanyak-banyaknya ini dirasa perlu dilakukan karena pada bulan Ramadan, biasanya pendonor berkurang drastis.

"Maka dari itu, kami mengirim surat baik instansi maupun sekolah-sekolah di wialayah Bojonegoro tentang pentingnya berdonor darah bagi kesahatan dan sesama," kata Ahmad, Minggu (15/4/2018).

Dijelaskan, kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro, per harinya mencapai 70 sampai 100 kantong, sedangkan untuk pendonor di PMI Bojonegoro per harinya hanya 20 sampai 30 kantong darah.

"Untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekitar 60, kami mecari keluar daerah," jelasnya.

Meski masih banyak kekurangan yang dipenuhi dari luar daerah, namun dia mengaku, bila dibandingkan tiga atau empat tahun lalu, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah sudah mengalami peningkatan yang baik.

"Kalau dulu per bulan hanya 500 sampai 600 pendonor, tapi sekarang sudah menigkat sampai 1.900 pendonor," pungkasnya. [lus/air]

Tag : pmi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan