Mahasiswa Asing Ubaya Nari Jaranan Turunggo Yakso

Senin, 09 April 2018 20:25:04
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Mahasiswa Asing Ubaya Nari Jaranan Turunggo Yakso

Surabaya (beritajatim.com) - Sembilan mahasiswa asing dari Summer Program Queensland University of Technology (QUT) Australia di Universitas Surabaya (Ubaya) hari ini (9/4) belajar tarian Jaranan Turonggo Yakso.

Agenda belajar nari ini mengambil topik The Essential of Indonesian Property Market. Salah satu agenda kegiatan selama 2 minggu yang dijadwalkan Ubaya adalah belajar budaya Indonesia.

Mahasiswa Bachelor of Property Economics QUT ke Ubaya mulai tanggal 4-15 April 2018, selain mendapatkan pembelajaran mengenai the essential of Indonesia property market, sembilan mahasiswa asing diajak untuk mengenal kesenian tari trandisional dan objek wisata di Jawa Timur. Sembilan mahasiswa tersebut adalah Liam Cassidy, Timothy Chee, Thomas Duke, Jamie Kim, Bailey Pitt, Jessica Skinner, Shaun Wallace, Scott Cawston, dan Matthew Yu.

Mahasiswa asing QUT ini juga mengajak serta dosen mereka, Dr. Connie Susilawati untuk menari bersama sekaligus menjadi koordinatornya.

Menurut Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya, Adi Prasetyo Tedjakusuma B bus M Com, kegiatan ini sebagai upaya promosi kebudayaan Indonesia, khususnya Tarian Jaranan Turonggo Yakso di Australia, khususnya di Brisbane.

"It's so interesting and i enjoy it, Indonesia have beautiful culture. The dancing is little bit difficult to do, but it's so nice," tutur Scott, salah satu mahasiswa QUT yang ikut menari di Seminar Room Kampus Ubaya ini.

Scott pun menambahkan bahwa ia hanya berlatih tarian tersebut pada pagi hari tadi dan langsung pentas di siang harinya. "We just practice today and go straight on stage this noon," imbuhnya.

Tarian Turonggo Yakso ini dipilih karena sangat jarang dimainkan, oleh karena itu agenda ini juga upaya memperkenalkan tarian Turonggo Yakso ke Internasional. Agenda belajar nari ini mendatangkan pelatih tari langsung dari Trenggalek, yakni Dian Bokir dari Dimar Dancer and Theatre. [adg/but]

Tag : ubaya

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan