Gubernur NTB: Pendidikan dan Ekonomi Pilar Negara

Senin, 12 Februari 2018 14:50:07
Reporter : Samsul Arifin
Gubernur NTB: Pendidikan dan Ekonomi Pilar Negara

Pamekasan (beritajatim.com) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr TGH Muhammad Zainul Majdi MA menyatakan pendidikan dan ekonomi merupakan dua pilar penting yang harus dikembangkan dalam pembangunan bangsa.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Pengukuhan Kausar dan Seminar Nasional yang mengusung tema 'Pemberdayaan Pendidikan dan Ekononi Menyongsong Era Indonesia Emas 2045' di Auditorium STAI Al-Khairat Pamekasan di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Senin (12/2/2018).

"Alhamdulillah kami bisa datang ke majelis mulia ini, sekalipun sederhana Insha Allah barokah. Tapi kita harus yakin bahwa perubahan besar itu lahir dari tempat yang sederhana, seperti yang dilakukan Rasulullah saat membangun peradaban Islam dari Makkah hingga akhirnya membangun wajah Arab menjadi lokomotif peradaban. Termasuk juga di Indonesia," kata Dr TGH Muhammad Zainul Majdi M.

Kesederhanaan yang ditopang dengan fondasi yang kuat, khususnya dalam sektor pendidikan dan ekonomi bisa berdampak positif terhadap perubahan sosial. "Pendidikan dan ekonomi merupakan pilar negara, terlebih kuta sebagai manusia memang diciptakan untuk diberikan wewenang menggerakkan pembangunan," ungkapnya.

"Pesan etik ini disebutkan dalam firman Allah dalam al-Qur'an; 'walaa tufsidu fi al-ardhi ba'da ishlahiha' janganlah kalian menjadi agent perusak setelah diperbaiki oleh Allah," sambung alumnus Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Selain itu pihaknya mengapresiasi keberadaan STAI Al-Khairat Pamekasan, sekalipun berada di pelosok tetap eksis menjadi bagian dari bangsa dalam memajukan sektor pendidikan dan ekonomi. "Sekalipun kampus ini ada di pelosok, ini menandakan bahwa ada denyut pendidikan yang terus bergerak. Apalagi disandingkan dengan nilai agama," jelasnya.

"Sebab fondasi spiritualutas dalam pendidikan bisa menjadikan manusia lebih manusiawi, mereka akan cinta kejujuran, cinta komitmen, nilai baik, tolong menolong dan memperkuat sokidaritas. Namanya pendidikan itu bisa memupuk nilai, pendidikan bakal menjadi bekal bagi manusia dalam menghadapi tantangan zaman," imbuhnya.

Termasuk juga dalam membangun sektor ekonomi, dibutuhkan berbagai inovasi positif tanpa harus membuang nilai luhur yang harus dijadikan sebagai komitmen. "Membangun ekonomi juga harus dibangun dengan nilai spiritual, apalagi selama ini kami mencoba membangun nilai ekonomi dengan cara inklusif dengan menekankan pada nilai spiritual," pungkasnya. [pin/ted] 

Tag : stai al-khairat

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan