Sejumlah Kepala Sekolah di Jember Berstatus Pelaksana Tugas

Minggu, 11 Februari 2018 20:39:09
Reporter : Oryza A. Wirawan
Sejumlah Kepala Sekolah di Jember Berstatus Pelaksana Tugas
Kepala Dispendik Jember Ghozali

Jember (beritajatim.com) - Sejumlah kepala sekolah, terutama sekolah dasar, di Kabupaten Jember, Jawa timur, berstatus pelaksana tugas. Sementara itu beberapa sekolah kekurangan guru pegawai negeri sipil menyusul relokasi tempat tugas oleh Dinas Pendidikan setempat.

Penataan personalia ini dikecam Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember Ayub Junaidi. "Banyak kepala sekolah belum definitif. Seenaknya sendiri digeser tapi tidak diisi pejabat definitif," katanya, mempertanyakan keabsahan tanda tangan pelaksana tugas tersebut.

"Guru digeser agar dekat dengan rumah. Saya tidak tahu Dinas Pendidikan memberi masukan atau tidak kepada bupati. Ada sekolah yang hanya tinggal dua guru (PNS) dan harus menangani beberapa kelas, karena semua kebijakan (relokasi tugas) bupati. Semua digeser ke kota karena ingin dekat dengan tempat tinggal," kata Ayub.

Ayub mengingatkan, saat mendaftarkan diri, PNS harus siap untuk ditempatkan di mana saja. "Kalau sekarang ditarik ke kota semua (karena alasan dekat dengan tempat tinggal), siapa yang mau mengisi sekolah pinggiran? Apakah mau mengandalkan GTT (Guru Tidak Tetap), wong nasib mereka tidak jelas," katanya.

Ayub khawatir dengan prestasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sekolah jika kondisi ini terus terjadi. "Mau menjamin UNBK bagus ya tidak mungkin, wong gurunya tinggal dua," katanya.

Ketua Komisi D DPRD Jember Hafidi Cholish mengatakan, pelaksana tugas kepala sekolah harus didefinitifkan. "Pelaksana tugas adalah pejabat 'inggih juragan' (apa kata atasan)," katanya, merujuk pada terbatasnya kewenangan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Jember Muhammad Ghozali mengatakan, tidak ada masalah kepala sekolah berstatus pelaksana tinggi, termasuk soal penandatanganan ijazah siswa  "Dalam waktu dekat akan ada pendidikan latihan." katanya. [wir/suf]

Tag : kepala sekolah

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan