Ini Solusi PLN Soal Biaya Tambah Daya Listrik Sekolah Jelang UNBK

Rabu, 07 Februari 2018 11:59:22
Reporter : Oryza A. Wirawan
Ini Solusi PLN Soal Biaya Tambah Daya Listrik Sekolah Jelang UNBK

Jember (beritajatim.com) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan melakukan pengecekan arus listrik di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, medio April dan Mei mendatang.

"Saya wajibkan setiap manajer rayon memiliki nomor telepon kepala sekolah, berkoordinasi, dan wajib melakukan gladi bersih: kami akan uji instalasi di setiap sekolah. Nanti ada berita acara bahwa sudah dilakukan pengujian untuk memastikan memang sudah siap peralatannya," kata Manajer Area PLN Jember Ardian Egusfi.

Ketua Komisi D DPRD Jember Hafidi Cholish mengingatkan kepada PLN agar tidak memungut biaya apapun untuk pengecekan listrik di sekolah-sekolah. "Ini tegak lurus di Jember. Jangan main-main," katanya, Selasa (6/2/2018).

Ardian memastikan tak ada pungutan apapun. Bahkan, ia siap membantu jika kemudian sekolah membutuhkan penambahan daya. Semua sekolah yang ingin menambah daya listrik untuk kepentingan ujian nasional bisa mengangsur biaya penambahan tersebut. "Bisa diangsur 12 bulan. Nanti (sekalian) masuk (tagihan) rekening (listrik) bulanan," katanya.

Hafidi pun meminta kepada Dinas Pendidikan Jawa Timur Cabang Jember agar melayangkan surat kepada sekolah-sekolah, untuk mengecek kebutuhan standar listrik UNBK. Kepala Dispendik Jatim Cabang Jember Luthfi Isa Ansori mengatakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bisa digunakan untuk menambah daya listrik sekolah.

Hafidi meminta kepada petugas PLN yang mendapat tugas mengecek sekolah-sekolah untuk persiapan UNBK agar menghubungi anggota Komisi D DPRD Jember setempat, jika membutuhkan bantuan. "Ini bukan guyon. Teman-teman petugas PLN yang memang harus ke Jember barat atau timur, lalu ada kebutuhan untuk makan dan minum, kontak teman-teman Komisi D. Tidak apa-apa. Ini serius. Insya Allah, walau tidak gajian, masih laku mencari utangan." katanya. [wir/kun]

Tag : unbk, jember

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan