Perkuat Citra Internasional

PIH Unair Gandeng Meltwater untuk Monitoring Pemberitaan

Kamis, 01 Februari 2018 01:51:49
Reporter : Fahrizal Tito
PIH Unair Gandeng Meltwater untuk Monitoring Pemberitaan

Surabaya (beritajatim.com) - Demi meraih target 500 kampus tingkat dunia di 2020, Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (Unair) melakukan penjajakan kerja sama dengan Meltwater atau sebuah lembaga yang bergerak di bidang pemantauan dan jaringan kerja media internasional yang berkududukan di Singapura.

Dr. Suko Widodo, Ketua PIH Unair melalui penyampai pesan daring, Rabu (31/1/2018) mengatakan, kunjungannya ditemui langsung oleh Alice Hogg dan Irina. Keduanya merupakan staf yang bekerja di Meltwater. Perihal kunjungannya itu, untuk kerjasa pada di bidang publikasi media.

"Unair menjalin kerja sama dalam upaya meningkatkan hubungan jaringan internasional pada bidang media. Ini karena di tengah derasnya arus globalisasi dan digitalisasi, merupakan sebuah keharusan agara mencapai waktunya melangkah lebih cepat dan mendunia," tutur Suko.

Mewakili pihak Meltwater, Alice berharap bahwa sedikit atau banyak Meltwater bisa membantu Unair untuk mendapatkan data terbaru tentang pandangan masyarakat internasional terhadap Unair.

"Semoga kami bisa membantu perekapan data terbaru tentang pandangan masyarakat dunia terhadap Unair," papar Suko Widodo menirukan penuturan Alice.

Sementara itu, Irina mengatakan bahwa Unair dari pantauan medianya, sebetulnya sudah mempunyai reputasi penyebaran informasi yang sangat bagus. Namun, membutuhkan penguatan monitoring.

"Memang saat ini para kampus sudah berlomba untuk menapaki pendidikan terbaik di Dunia, sehingga persaingan semakin tinggi. Unair harus lebih cepat jika tidak ingin tertinggal. Kuncinya di manajemen informasi," kata Sukowi menirukan perkataan yang diungkapkan Irina.

Menurut Irina, tambah Suko, Unair termasuk perguruan tinggi dari Indonesia dengan berita internasional yang sangat tinggi. Bahkan setahun terakhir banyak aktivitas, baik di kampus maupun mahasiswa dan alumni yang muncul di media. [ito/suf]

Tag : unair

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan