Dosen Bukan Lagi Satu-Satunya Sumber Informasi Utama

Selasa, 09 Januari 2018 20:19:11
Reporter : Oryza A. Wirawan
Dosen Bukan Lagi Satu-Satunya Sumber Informasi Utama
Rektor Universitas Mohammad Hasan

Jember (beritajatim.com) - Dunia sudah berubah. Perguruan tinggi harus bersiap menghadapi era disruptif. Ini sebuah era dengan banyak ‘gangguan’ yang diakibatkan perubahan yang salah satunya didorong kemajuan teknologi komunikasi. 

"Kini mahasiswa bisa saja memiliki lebih banyak informasi daripada dosen, karena akses ke sumber informasi sudah banyak tersedia. Dosen bukan lagi satu-satunya sumber informasi utama," kata Rektor Universitas Mohammad Hasan,  di hadapan dekan dan unsur pimpinan dalam kegiatan rapat pimpinan perguruan tinggi itu, di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember, Selasa (9/1/2018).

Dengan demikian, lanjut Hasan, proses belajar mengajar di bangku kuliah kini terpusat pada mahasiswa, dan dosen bertindak sebagai fasilitator. 

Perubahan seperti ini harus disikapi dengan bijaksana. Dia menyebut era saat ini sebagai era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity,  Ambiguity). "Era munculnya ketidakpastian, kompleksitas dan hal-hal yang ambigu," katanya.

Para dosen diminta Hasan untuk mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan zaman. Salah satunya dengan karakter mahasiswa yang termasuk dalam generasi milenial. "Ciri khas mereka sejak dini akrab dengan gawai, aktif di media sosial, serta mementingkan unsur kecepatan," jelasnya.

Para dosen dan tenaga kependidikan disarankan memiliki empati, bersedia mendengar dan memahami kebutuhan mahasiswa. "Misalnya saja kuliah disampaikan dengan media interaktif agar lebih menarik," katanya.[wir/ted]

 

 

Tag : unej

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan