Pekan Ngaji 3 Bakal Dimeriahkan Bazar dan Expo Karya Santri

Selasa, 26 Desember 2017 22:11:43
Reporter : Samsul Arifin
Pekan Ngaji 3 Bakal Dimeriahkan Bazar dan Expo Karya Santri

Pamekasan (beritajatim.com) - Pekan Ngaji ke-3 yang digelar Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, akan dimeriahkan dengan bazar dan expo selama pelaksanaan berlangsung.

Kegiatan berskala internasional dengan grand tema 'Pesantren dan Kebangkitan Islam' tersebut, dijadwalkan digelar selama 10 hari. Terhitung mulai Kamis hingga Minggu (18-28/1/2018) mendatang.

"Selain Ta'yidul Maharah atau pengukuhan kompetensi peserta program akselerasi berbagai bidang keilmuan, nantinya juga akan digelar bazar dan expo," kata Ketua Dewan Ma'hadiyah Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata Ahmad Khusairi, Selasa (26/12/2017).

Bazar dan expo tersebut nantinya akan diikuti sejumlah badan otonom dengan memamerkan beberapa hasil karya maupun produk, termasuk juga dari lembaga pendidikan di lingkungan pesantren. Mulai dari tingkat Madrasah Ibtida'iyah (MI) hingga Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

"Pameran ini nantinya akan kita kemas dalam bentuk bazar dan expo, dimana hasil karya maupun produk yang dipamerkan merupakan karya maupun produk para santri. Baik dari badan otonom maupun lembaga," ungkap pria yang akrab disapa Ustadz Khusairi.

Tidak hanya itu, hasil karya maupun produk non pesantren dari beberapa simpatisan dari luar pesantren juga akan dipamerkan. "Jadi pameran ini tidak hanya hasil karya dan produk santri, tapi dari simpatisan juga akan kita pamerkan. Termasuk hasil karya maupun produk alumni," jelasnya.

Pekan Ngaji ke-3 merupakan pengukuhan kompetensi peserta program akselerasi di Pesantren Bata-Bata, mulai dari akselerasi bidang keilmuan hingga kesenian. Setiap santri yang dinyatakan lulus ujian, baik melalui tes tulis maupun lisan akan dikukuhkan dalam program tahunan tersebut.

Sementara grand tema yang diusung panitia pelaksana sebagai upaya pengembangan sekaligus pengambilan peran santri demi kebangkitan Islam, terlebih hal itu sudah didengungkan setiap hari melalui poin suara adzan; 'Marilah Meraih Kemenangan'. [pin/suf]

Tag : pesantren

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan