Grand Tema Pekan Ngaji 3

Pesantren dan Kebangkitan Islam

Minggu, 24 Desember 2017 10:04:08
Reporter : Samsul Arifin
Pesantren dan Kebangkitan Islam

Pamekasan (beritajatim.com) - 'Pesantren dan Kebangkitan Islam' menjadi grand tema pelaksanaan Pekan Ngaji ke-3 yang akan digelar Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, selama 10 hari kedepan. Terhitung mulai Kamis hingga Minggu (18-28/1/2017) mendatang.

Tema dalam event berskala internasional tersebut sengaja diangkat berdasar hasil analisa dan kajian dari jajaran pelaksana program Ta'yidul Maharah yang akan diikuti sebanyak 28 lembaga akselerasi otonom di pesantren yang terletak di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan.

Apalagi dalam kegiatan tersebut, nantinya juga akan menghadirkan sejumlah pemateri lintas negara. Mulai dari Brunai Darussalam, Malaysia hingga Mesir. Termasuk juga para akademisi maupun praktisi profesional di bidang masing-masing yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara.

"Tema ini sengaja kami angkat untuk mengetahui peran serta pesantren dalam perkembangan Islam, sehingga nantinya bisa menjadi tolak ukur perkembangan dan kebangkitan Islam kedepan," kata Ketua Dewan Ma'hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Ahmad Khusairi, Minggu (24/12/2017).

Pihaknya menilai selama ini pesantren sudah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan pendidikan keislaman. Tidak terkecuali di Indonesia. "Tapi apakah langkah pesantren sudah tepat mewujudkan kebangkitan Islam, ini yang menjadi dasar dari tema yang kita angkat dalam Pekan Ngaji ke-3," ungkapnya.

"Tema kali ini juga berkesinambungan dengan tema sebelumnya yang lebih difokuskan terhadap aspek motivasi dan pendidikan. Sementara tema kali ini lebih ditekankan pada realisasi riil pesantren terhadap perkembangan dan kebangkitan Islam," jelas alumnus STAI Al-Khairat Pamekasan.

Dalam momentum Pekan Ngaji ke-3 nantinya juga akan dikukuhkan para santri yang dinyatakan lulus program akselerasi di 28 lembaga otonom di Pesantren Bata-Bata.

Selain itu juga akan digelar berbagai event tingkat regional, nasional hingga internasional. Di antaranya ngaji atau seminar berbagai bidang keilmuan, pelatihan kewirausahaan, hukum dan advokasi. Serta sejumlah pameran yang dikemas dengan format expo dan lainnya. [pin/ut]

Tag : pekan ngaji, bata-bata, pesantren

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan