Kemenag Batalkan Materi UAS Fiqih Tentang Khilafah

Rabu, 06 Desember 2017 22:29:25
Reporter : Yusuf Wibisono
Kemenag Batalkan Materi UAS Fiqih Tentang Khilafah

Jombang (beritajatim.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang akhirnya membatalkan materi Ujian Akhir Semester (UAS) MAN di Jombang, khusus mata pelajaran (Mapel) Fiqih yang diujikan Selasa (5/12/2017).

Alasan pembatalan itu karena ada banyak konten khilafah dalam materi UAS Fiqih. Selain itu, materi tersebut juga mendapat sorotan dari berbagai pihak, salah satunya dari Pengurus Cabang ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Jombang.

Kepastian pembatalan itu dilontarkan Kepala Seksi Madrasah Kemenag Jombang H Amak Burhanudin. "Kita sudah melakukan kordinasi. Hasilnya, materi tersebut kita batalkan. Selanjutnya, UAS khusus tentang Fiqih akan diulang," ujar Amak, Rabu (6/12/2017).

Amak menjelaksan, keputusan pembatalan diambil setelah para petinggi Kantor Kemenag Jombang menggelar rapat Rabu siang (6/12/2017), dengan melibatkan seluruh kepala MAN di Jombang.

Amak berpandangan, sebenarnya konten soal khilafah tidak menyalahi atau menyimpang dari rel. Karena perihal khilafah itu juga terdapat pada silabus. Hanya saja, mungkin karena model soalnya menimbulkan multi tafsir, kemudian muncul persoalan.

"Oleh karena itu, untuk UAS ulang nanti, soal yang dibuat tidak menimbulkan akan banyak tafsir. Mungkin modelnya nanti agak beda, misalnya dengan isian. Bukan pilihan ganda seperti yang kemarin," terang Amak.

Amak mengungkapkan, ujian ulang tersebut akan digelar Jumat (8/12/2017). Sedangkan penyusun soal tetap dipercayakan kepada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) fiqih. [suf]

Tag : ujian semester

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan