Empat Delegasi Santri Ponpes Bata-Bata Harumkan Nama Jatim

Rabu, 06 Desember 2017 10:35:24
Reporter : Samsul Arifin
Empat Delegasi Santri Ponpes Bata-Bata Harumkan Nama Jatim
Santri Ponpes Bata-Bata yang harumkan nama Jatim. [Foto: Samsul/bj.com]

Pamekasan (beritajatim.com)--Empat delegasi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata berhasil meraih empat trophy berbeda pada ajang Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) ke-VI yang digelar di Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2017) malam.

Kegiatan bertajuk ajang nasional yang juga disebut sebagai 'Olimpiade Pondok Pesantren' tersebut digelar hampir sepakan, terhitung sejak Rabu (29/11/2017) hingga Kamis (7/12/2017) besok.

Dalam kegiatan tersebut tercatat sebanyak 1.457 santri dari 35 kontingen se-Indonesia yang mengikuti bidang MQK, dengan tiga katagori berbeda, meliputi MQK tingkat dasar (ula), menengah (wustho) dan tinggi (ulya).

Namun dari jumlah tersebut, empat delegasi dari pesantren yang terletak di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan. Berhasil mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur pada ajang tersebut.

Keempat santri tersebut berhasil meraih trophy tingkat wustho, masing-masing Abdullah Hanif (Juara 1 Katagori Kitab Jauharul Maknun), Ayu Aprilia Muzdalifah dan Ach Faih (Juara 1 dan 2 Katagori Kitab Majalis Saniyah), serta Syarifatul Mutmainnah (Juara 3 Katagori Kitab al-Waroqot).

"Alhamdulillah delegasi dari Bata-Bata berhasil menyandang status juara semua," kata salah satu pendamping dari Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Moh Mujib, Rabu (6/12/2017).

Tidak hanya itu, pihaknya mengakui delegasi dari pesantren yang didampinginya sudah tampak unggul saat babak final. "Sebenarnya hasil juara sudah bisa kita lihat saat tampil di final. Ayu dan Hanif mendapat poin tertinggi dibandingkan peserta yang lain," ungkapnya. [air]

Tag : pesantren, bata-bata, mqk

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan