Demi Tingkatkan Mutu Pendidikan

Bupati Lumajang Serah Terimakan Akper ke Unej

Rabu, 11 Oktober 2017 21:45:00
Reporter : Harry Purwanto
Bupati Lumajang Serah Terimakan Akper ke Unej

Lumajang (beritajatim.com) - Akademi Keperawatan Lumajang resmi beralih pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Universitas Negeri Jember. Penandatanganan berita acara serah terima aset pun telah dilakukan, dari Bupati Lumajang As’at , Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Kepala Biro Keuangan dan Umum KEMENRISTEKDIKTI (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) RI, Moh. Wiwin Darmina di Pendopo Kabupaten Lumajang, Selasa (10/10/2017).

Penyerahan aset Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi disaksikan oleh pihak DPRD Kabupaten Lumajang dan pihak Kejaksaan Negeri Lumajang. Sementara itu, pengelolaannya diserahkan kepada Universitas Jember. Hal itu, ditandai dengan prosesi melepas jaket almamater Akper Lumajang dan mengganti dengan jaket almamater Universitas Jember.

Bupati berharap Universitas Jember dapat membuka banyak jurusan di kampus Lumajang agar meningkatkan minat kuliah warga Kota Pisang. Sehingga dapat menggali potensi yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Adanya kampus Universitas Negeri Jember di Lumajang, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan serta mampu mendorong roda perekonomian Lumajang, khususnya di sekitar kampus," paparnya As'at.

Bupati menginginkan perguruan tinggi yang ada di Lumajang makin maju dan lebih maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. "Para orang tua tidak perlu kawatir, pemindahan akper menjadi Universitas Jember hanya pada administrasi, namun perkuliahan tetep dilaksanakan di Lumajang," jelasnya.

Rektor Universitas Negeri Jember, Moh. Hasan, M. Sc., Phd., menyampaikan pemindahan pengelolaan Akper Lumajang kepeda Universitas Jember untuk menyiapkan SDM yang berkualitas untuk Lumajang. Ia siap untuk membantu memaksimalkan potensi SDM Lumajang.

"Nantinya Akper Lumajang akan menjadi prodi D3 Keperawatan Universitas Jember. Saya meminta pemerintah Kabupaten Lumajang juga membantu pengadaan lahan untuk perluasan pembangunan kampus," ungkapnya.

Kepala Biro Keuangan dan Umum pada Kemenristekdikti, Moh. Wiwin Darwina menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang mendorong kualitas pendidikan. Ia menyampaikan sesuai UU, Pemerintah Daerah tidak dapat mendirikan perguruan tinggi.

"Itu sebabnya perguruan tinggi diserahkan kepada pihak yang benar–benar berkompeten dalam duinia pendidikan," paparnya. [har/but]

Tag : unej

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan