Asyiknya, Siswa Sekolah Alam di Ponorogo Panen Jeruk

Senin, 09 Oktober 2017 08:04:57
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Asyiknya, Siswa Sekolah Alam di Ponorogo Panen Jeruk

Ponorogo (beritajatim.com) - Mendapat pelajaran tidak melulu di ruang kelas. Bisa jadi di luar kelas, bahkan di luar sekolah.

Seperti yang dilakukan siswa Sekolah Alam Islamic Center Ponorogo. Puluhan siswa, memanen jeruk di kebun yang berada di Kelurahan Pakunden, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

Puluhan siswa sangat antusias dalam memanen jeruk. Mereka juga mengamati jeruk satu per satu sebelum dipetik. Karena mereka hanya diberi satu kali kesempatan dalam memetik buah tersebut.

Walaupun begitu, teriakan dan tertawa tanda bahagia terus dilontarkan siswa dan siswi yang berseragam olahraga itu. "Alhamdulillah bisa panen jeruk. Biasanya cuma belajar di sekolah," kata Almaida Nasafa.

Siswa kelas 4 tersebut mengatakan, dirinya mendapatkan pelajaran bagaimana menanam jeruk. Kemudian memanen jeruk. Termasuk, lanjut dia, mengetahui jeruk yang sudah matang bagaimana. "Belakangnya agak cekung, jeruknya agak empuk," jelasnya dengan seksama.

Sementara, salah satu guru, Khairul Anam mengatakan, memang sengaja membawa siswa belajar di luar sekolah. Karena dengan begitu, siswa mendapat pengalaman.

"Contohnya di kebun jeruk. Siswa dapat pelajaran jeruk yang matang bagaimana. Mereka juga bisa panen. Tapi hanya satu jeruk," katanya.

Sehingga, lanjut dia, jika siswa tidak teliti, bisa saja memetik jeruk yang masih belum matang. Dia mengaku, itu resiko siswa karena tidak memperhatikan.

Di sisi lain, pemilik kebun jeruk, Mahiful menjelaskan, memang membuka untuk umum kebun jeruknya. Apalagi untuk belajar seperti yang dilakukan siswa Sekolah Alam Islamic Center.

Pun semua gratis, siswa dapat memanen jeruk sepuasnya. Hanya membayar Rp 4000 per siswa, bisa memetik dan memakan jeruk sepuasnya.

"Terbuka untuk umum. Dari pagi sampai sore. Kalau sekolah membayar Rp 4000. Jika yang lain gratis, tingga metik dan membeli jeruk," pungkasnya. [mit/suf]

Tag : sekolah

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan