Tradisi Research Bisa Jadikan Dosen Berwibawa dan Terhormat

Minggu, 08 Oktober 2017 10:17:17
Reporter : Samsul Arifin
Tradisi Research Bisa Jadikan Dosen Berwibawa dan Terhormat

Pamekasan (beritajatim.com) - Kasubid Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Kemenag RI Muhammad Zain menegaskan tradisi research bisa menjadikan dosen lebih beribawa dan terhormat.

Sehingga sangat penting untuk selalu digelar berbagai jenis pelatihan demi meningkatkan kualitas hasil penelitian, khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Baik negeri maupun swasta.

Hal itu disampaikan Muhammad Zain dalam kegiatan silaturrahmi bersama jajaran civitas akademik Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Sabtu (7/10/2017) malam.

"Pelatihan itu sangat penting, sehingga karakter tulisan dari awal kita bisa menulis dengan baik sekaligus bisa menerapkan tata cara menulis sesuai dengan regulasi yang ada," kata Muhammad Zain.

Gagasan dan imajinasi yang sangat kaya juga sangat penting guna meningkatkan kualitas hasil penelitian. "Sebenarnya Madura sangat kaya dengan gagasan besar, sehingga hal ini sangat penting untuk digali. Terlebih penelitian itu memang harus layak dipertanyakan, dalam artian ada permasalahan inti," ungkapnya.

"Selain itu penelitian juga harus menitik beratkan pada kontribusi to knowladge. Jadi sebelum menentukan judul, silahkan dicek dulu di google karena semua informasi ada disana. Sekaligus biar penyakit kita yang dulu-dulu sempit tidak terulang, yakni melihat diri kita besar sekalipun tidak demikian," jelasnya.

Tidak hanya itu, kebaharuan juga tidak kalah penting untuk dijadikan sebagai tolak ukur utama dalam sektor penelitian. "Dalam aspek (kebaharuan) ini, harus ada isu terkini dan tentunya berbeda dengan fenomena lainnya. Research harus bagus dan tentunya relevan," imbuhnya.

"Intinya semua akan bermanfaat saat ditulis, Tridharma itu layaknya Trisula dan jangan dipandang secara berjenjang tapi harus bergagas dan bersamaan. Karena kita mengajar karena ada hasil research yang kita baca, sehingga dengan tradisi research dosen bisa berwibawa dan tentunya menjadi marwah dan kehormatan tersendiri bagi serorang dosen," tegasnya. [pin/ted]

Tag : stai al-khairat

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan