Dosen PTKI Diajak Tingkatkan Kualitas Penelitian

Sabtu, 07 Oktober 2017 23:59:53
Reporter : Samsul Arifin
Dosen PTKI Diajak Tingkatkan Kualitas Penelitian

Pamekasan (beritajatim.com) - Kasubid Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Kemenag RI Muhammad Zain mengajak para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) agar meningkatkan kualitas penelitian.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan silaturrahmi bersama jajaran civitas akademik Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Sabtu (7/10/2017) malam.

"Terima kasih kami sampaikan karena pada kesempatan baik ini kami bisa bersilaturrahmi, tentunya juga kami ucapkan terima kasih kepada STAI Al-Khairat yang sudah berpartisipasi dalam dunia pendidikan," kata Muhammad Zain, memulai sambutannya.

Pada kesempatan itu, pihaknya menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan program yang ditanganinya. Salah satunya berkenaan dengan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada 2018 mendatang.

Bahkan secara gamblang ia juga menginformasikan rencana Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI melalui Direktorat PTKI yang tengah menyiapkan dana penelitian. Sehingga hal itu diharapkan bisa dijadikan sebagai momentum meningkatkan kualitas penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya demi pengembangan bidang keilmuan.

"Dengan adanya bantuan penelitian ini, tentu kami berharap agar hasil penelitian para dosen di lingkungan PTKI bisa memproduksi ilmu pengetahun dan tidak hanya mengulang-ulang dari tema (hasil penelitian) yang sudah ada sebelumnya," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap agar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) juga komitmen untuk menumbuh kembangkan penelitian di lingkungan kampus. "Kita tahu swasta itu seperti apa, sehingga harus tumbuh kultur research dan dosen juga harus selalu menumbuhkan budaya penelitian," harapnya.

"Mudah-mudahan harapan ini bisa direalisasikan dengan baik, sehingga bisa tumbuh kultur research di lingkungan kampus. Bagi (dosen) yang belum bisa (penelitian) mandiri, bisa digarap berdua agar lebih baik. Sebab saat ini bukan eranya berkompetisi, tapi harus kolaborasi. Terlebih dalam aspek keilmuan," pungkasnya.

Sementara Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Muin mengaku pihaknya sengaja mentangkan Kasubid P2M Kemenag RI sebagai upaya untuk memberikan motivasi terhadap para dosen di perguruan tinggi yang dipimpinnya.

"Jadi dalam kesempatan ini kami sengaja mengundang untuk berbagi pengalaman bersama jajaran civitas akademik, hal ini kami lakukan demi memotivasi para dosen agar bisa menghidupkan gairah penelitian di lingkungan kampus. Khususnya bagi para dosen," ungkapnya.

Bahkan pihaknya berharap silaturrahmi tersebut bisa menambah motivasi para dosen dalam mengembangkan aspek keilmuan yang dimiliki. "Bagaimanapun penelitian ini termasuk dari salah satu unsur dalam Tridharma Perguruan Tinggi," tegasnya. [pin/suf]

Tag : stai al-khairat

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan