SCW 2017 Menggali Potensi Kreatif Kreator Muda Surabaya

Kamis, 05 Oktober 2017 21:47:45
Reporter : Fahrizal Tito
SCW 2017 Menggali Potensi Kreatif Kreator Muda Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Surabaya Creative Network (SCN) akan mencari kreator muda di Kota Surabaya dalam gelaran bertema Suroboyo Creative Week 2017.

Ketua tim pelaksana Suroboyo Creative Week 2017, Genie Anggita mengatakan rangkaian gelaran yang bertujuan untuk membantu dalam membangun ekonomi dalam bidang kreatif bagi kota Surabaya itu, akan dilaksanakan mulai 7 hingga 15 Oktober 2017 mendatang.

"Kegiatan ini melibatkan berbagai perguruan tinggi, komunitas kreatif dan pemerintah daerah untuk menciptakan sebuah panggung yang bisa menjadi barometer kemajuan komunitas kreatif di kota pahlawan ini," kata Genie Anggita, saat ditemui di ITS Kamis (5/10/2017).

Dalam kegiatan yang menyatukan lintas disiplin berbagai pemikiran yang bertujuan untuk menciptakan sebuah produk dengan cara mengikuti meClass Branding & Packaging, Creative Talk, Design It Yourself, Workshop (paper moon puppet, video mapping, food design, food photography dan cardboad toys) dengan para mentor dan pakar dari Indonesia maupun luar negeri.

"Dalam acara ini dihadirkan pembicara Dr Christian De Beukelaer (lecture in cultural policy, university of Melbourne), Diana Natsir director of artura dan Dahlan Iskan former CEO of Jawa Pos Group, Jonathan Enggak founder of Oculus design dan Andreas Bastedo founder of Keeratech," paparnya.

Selain itu, tambahnya. Juga ada pameran karya tematik yang diciptakan oleh gabungan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dari seluruh perguruan tinggi Surabaya yand ditempatkan di beberapa distrik kota dengan tujuan merespon industri kreatif dari berbagai sudut pandang.

"Pameran itu sekaligus sebagai ajang promosi, karena nantinya para peserta akan diajak berkeliling kota menggunakan bus ke lokasi bangun bersejarah dan lokasi pameran," terangnya.

Selain itu juga akan digelar Creative Net City Talk yaitu forum terbatas yang membahas mengenai potensi kreatif di Indonesia dengan keynote speakers yaitu Fiki C Safari (ketua ICCN), Tri Rismaharini dan M Ramadhan (wakil walikota Makassar).

"Untuk master class, memang kami tidak membuka untuk umum dan dibatasi undangan. Karena yang utama, mereka harus mempunyai portofolio produk yang sudah dikerjakan," ujarnya.

Paktisi atau dosen ITS Agus Windarto mengatakan jika di Indonesia sendiri ada 12 kampus atau perguruan tinggi kreatif

"Tetapi, mayoritas masyarakat yang sadar tentang kreativ design belum banyak. Tidak hanya melalui visual tetapi lebih ke experience. Acara ini upaya untuk mengenalkan dan mendialogkan ke kawula muda," katanya.

Ia berharap, acara ini digelar dapat menjadikan Surabaya sebagai kota kreatif Indonesia yang dapat memberikan sumbangsih penghasilan sebagai penghasilan tambahan selain dari aktifitas utamanya yakni sebagai kota perniagaan.

"Sebenarnya di ITS sendiri tiap tahun mengeluarkan 200 mahasiswa kreativ, namun dengan adanya ini diharapkan kota Surabaya lebih bisa menggali potensi dalam dunia kreatif dan bisa berlomba dengan kota-kota lainnya," pungkasnya. (ito/ted)

Tag : its

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan