Sastrawan Madura Ajak Mahasiswa dan Dosen Promosikan Sastra

Senin, 18 September 2017 13:45:15
Reporter : Samsul Arifin
Sastrawan Madura Ajak Mahasiswa dan Dosen Promosikan Sastra

Pamekasan (beritajatim.com) - Sastrawan Madura Syaf Anton WR mengajak mahasiswa dan para dosen untuk bersama-sama mempromosikan sastra sebagai media untuk mengasah kepekaan hati nurani.

Hal itu disampaikan saat mengisi materi sastra dan budaya pada Seminar Nasional yang digelar Prodi Tadris Bahasa Indonesia STAIN Pamekasan di Auditorium Multi Centre komples kampus di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, Senin (18/9/2017).

Pada kegiatan yang mengusung tema 'Apresiasi Sastra dalam Bingkai Indonesia' tersebut, dihadiri langsung oleh sejumlah komunitas. Di antaranya Komunitas KOPI, Komunitas Literasi Your-B Madura, HIMA, dosen hingga mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia STAIN Pamekasan.

"Secara umum sudah saatnya mempromosikan sastra sebagai media untuk mengasah kepekaan hati nurani, sebab kepekanaan itu yang sebenarnya akan menumbuhkan karakter dan memberikan pengaruh positif terhadap cara berfikir dan berprilaku," kata Syaf Anton WR.

Cara pandang dan prilaku tersebut jelas akan memberikan dampak signifikan yang berhubungan dengan berbagai jenis aspek kehidupan. "Pengaruh positif dalam berfikir dan berprilaku mengenai baik dan buruk, benar dan salah hingga mengenai cara hidup dan lingkungan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menagaskan jika sastra memiliki pengaruh signifikan dalam berbagai kehidupan. "Perlu kita pahami, sebenarnya sastra memiliki kontribusi dalam menumbuhkan rasa nesionalitas dan solidaritas kemanusiaan," tegasnya.

"Selain itu, sastra juga bisa mempengaruhi proses pembentukan kepribadian seseorang sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat pendukungnya. Baik secara langsung maupun tidak langsung," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Prodi Tadris Bahasa Indonesia bersama Dewan Kesenian Pamekasan dan Komunitas Literasi Your-B Madura menggelar kerjasama kemitraan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). [pin/but]

Tag : stain pamekasan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan