STAIN Pamekasan Gelar Seminar Sastra dan Budaya

Senin, 18 September 2017 12:19:23
Reporter : Samsul Arifin
STAIN Pamekasan Gelar Seminar Sastra dan Budaya

Pamekasan (beritajatim.com) - Sastrawan Madura Syaf Anton WR menyampaikan materi sastra dan budaya pada Seminar Nasional yang digelar Prodi Tadris Bahasa Indonesia STAIN Pamekasan di Auditorium Multi Centre komples kampus di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, Senin (18/9/2017).

Kegiatan tersebut berkat kerjasama dengan Dewan Kesenian Pamekasan, didukung sejumlah komunitas seni dan budaya. Di antaranya Komunitas KOPI, Komunitas Literasi Your-B Madura dan HIMA Prodi Tadris Bahasa Indonesia STAIN Pamekasan.

"Sangat penting mencintai dunia sastra dengan menggauli karya sastra dengan sungguh-sungguh. Sehingga kita mampu mengkritisi isi sastra dan menghakimi dengan tulus dan kritis," kata Ketua STAIN Pamekasan Mohammad Kosim.

Pihaknya mengimbau agar peserta khususnya mahasiswa menyimak dengan seksama. "Ini merupakan pembelajaran awal bagi mahasiswa untuk gemar menulis dan membaca, karena mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia nantinya akan diharapkan menjadi guru Bahasa Indonesia profesional dan siap bersaing di dunia global," ungkapnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut juga digelar penandatanganan kerjasama kemitraan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Prodi Tadris Bahasa Indonesia bersama Dewan Kesenian Pamekasan dan Komunitas Literasi Your-B Madura.

"Dengan adanya kerjasama ini kita harapkan dapat terjalin kerjasama untuk menumbuh kembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kesusastraan, kebahasaan, publikasi keilmuan dan bidang ilmu ke-Madura-an," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir pimpinan dari masing-masing komunitas, di antaranya Kepala Prodi Tadris Bahasa Inggris STAIN Pamekasan Moh Hafid Effendy, Ketua Dewan Kesenian Pamekasan yang diwakili R Sonny Budiharto, Direktur Komunitas Literasi Your-B Madura Wildona, serta sejumlah dosen dan mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia.

Hingga berita ini ditulis, Sastrawan Madura Syaf Anton WR tengah menyampaikan materi sastra dan budaya dengan tema 'Apresiasi Sastra dalam Bingkai Indonesia'. [pin/but]

Tag : stain pamekasan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan