Beasiswa Mahasiswa Pemkab Jember Rp 19,8 M Belum Terealisasi

Rabu, 13 September 2017 16:16:55
Reporter : Oryza A. Wirawan
Beasiswa Mahasiswa Pemkab Jember Rp 19,8 M Belum Terealisasi
Foto ilustrasi.

Jember (beritajatim.com) - APBD Kabupaten 2017 menganggarkan Rp 19,8 miliar untuk program peningkatan sumber daya manusia melalui beasiswa prestasi mahasiswa S-1. Namun hingga Agustus lalu, program ini belum terealisasi sama sekali. Namun Dinas Pendidikan Jember meminta tambahan Rp 239,3 juta dalam Perubahan APBD 2017.

Pelaksana Harian Kepala Dispendik Jember Muhammad Ghozali mengatakan, ada beasiswa untuk seribu orang mahasiswa sesuai janji program kerja Bupati Faida setiap tahun. "Sekarang dalam proses verifikasi dan validasi," katanya, dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Plafon Perubahan Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) Perubahan APBD 2017 yang digelar maraton di gedung DPRD Jember, 23 Agustus - 14 September 2017.  

Dispendik Jember sudah mewawancarai para calon penerima beasiswa bulan lalu. "Sampai saat ini masih terus kami terima usulan-usulan atau permohonan dari mahasiswa atau calon mahasiswa maupun yang sudah diterima di perguruan tinggi," kata Ghozali.

Bulan lalu, 252 orang mahasiswa mengikuti seleksi tersebut. "Kemarin saya terima 300 lebih plus 200 orang tadi," kata Ghozali.

Sebagian dari mereka adalah nama yang diusulkan perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Pemkab. Sebagian lagi mendaftar ke bupati melalui sekretariat. Para penerima beasiswa ini harus benar-benar kuliah, dari keluarga miskin, keluarga veteran, keluarga guru ngaji, dan lain-lain. Sebelumnya, mereka sudah menjalani seleksi administrasi. Tim seleksi terdiri atas perwakilan Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Bagian Hukum, Kepala Dinas Sosial. Pemenuhan seribu nama penerima beasiswa ini ditargetkan selesai paling lambat pada Desember 2017. [wir/but]

Tag : pendidikan jember

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan