Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia: Jantung

Rabu, 09 Agustus 2017 17:48:48
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia: Jantung

Surabaya (beritajatim.com) - Penyakit jantung kini menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data diri survey sample registration system pada tahun 2014, penyakit ini berpotensi untuk terus meningkat setiap tahunnya.

Penyebab utama meningkatnya penyakit jantung koroner di Indonesia adalah gaya hidup modern yang minim aktivitas dan gerakan fisik atau sedentari. Menurut badan penelitian dan pengembangan kesehatan kementrian kesehatan Republik Indonesia tahun 2014, 43 % atau hampir separuh proporsi penduduk Indonesia usia di atas 10 tahun berperilaku sedentari.

"Kementrian kesehatan menghimbau masyarakat melakukan upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko penyamit jantung koroner. Dari data yang ada di mentri kesehatah 42% penduduk di Indonesia sedentari," ungkap Lily Sriwahyuni, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, Rabu (9/8/2017).

Sementara itu menurut dokter Agus Subayo, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Dr. Soetomo, Surabaya penyakit jantung tidak datang tiba-tiba karena faktor risiko selalu ada tanpa menunjukkan gejala. Namun ini berasal dari pola makan yang tidak seimbang dan kurang olah raga.

"Penyakit jantung itu bisa dari faktor makanan dan gaya hidup yang tidak sehat dan berimbang, jadi penyakit jantung tidak datang tiba-tiba melainkan dari kita sendiri yang mengatur polanya," ucapnya.

Maka dengan upaya pencegahan peningkatan penyakit ini, para dokter menggandeng salah satu produsen suplemen kesehatan dengan mengkamoanyekan gerakan jantung sehat Indonesia tangkal kolesterol 2017 dengan Kemenkes untuk bergaya hidup sehat, seperti periksa dini secara rutin, atur pola makan hindari rokok dan alkohol. [way/but]

Tag : kesehatan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan