Menaker Resmikan Pusakahati Universitas Jember

Jum'at, 04 Agustus 2017 21:26:09
Reporter : Oryza A. Wirawan
Menaker Resmikan Pusakahati Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri meresmikan Pusat Kajian Hubungan Industrial (Pusakahati) Fakultas Hukum Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (4/8/2017).

Hanif berharap Pusakahati dapat memberikan kontribusi bagi dunia ketenagakerjaan Indonesia.

“Perkembangan teknologi informasi memberikan manfaat bagi dunia industri karena memunculkan efektivitas dan efisiensi, tapi di pihak lain berpotensi mengubah karakter pekerjaan," katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej.

Perusahaan besar saat ini lebih membutuhkan kompetensi pegawai daripada latar belakanv pendidikan. Perguruan tinggi, menurut Hanif, berperan mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai tuntutan pasar. "Belum lagi makin banyak pekerjaan yang bakal digantikan dengan teknologi artificial intellegence," katanya.

Saat ini, Kemenaker mencatat hanya empat dari sepuluh lulusan perguruan tinggi yang bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. "Oleh karena itu perguruan tinggi dituntut mempersiapkan lulusannya agar memiliki kompetensi yang sesuai tuntutan dunia kerja," kata Hanif.

Ketua Pusakahati Aries Hariyanto mengatakan, ada dua tujuan pendirian Pusakahati, yakni tujuan akademis sebagai pusat penelitian dan dokumentasi hubungan industrial, khususnya di Jember dan daerah sekitarnya, memberikan sumbangan kajian ilmiah, serta memfasilitasi para mahasiswa S1, S2, dan S3 yang akan menyelesaikan tugas akhir.

"Sementara untuk tujuan praktis, kami berharap Pusakahati menjadi tempat konsultasi mengenai masalah-masalah hubungan industrial bagi pengusaha, pekerja, pemerintah dan praktisi hukum. Membantu penyelesaian konflik, menyelenggarakan pelatihan dan sosialisasi terkait undang-undang dan peraturan di bidang ketenagakerjaan dan hubungan industrial," katanya. [wir/but]

Tag : unej

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan