Dispendik Jember Tak Berani Janjikan Bosda Cair Juni

Rabu, 31 Mei 2017 17:36:26
Reporter : Oryza A. Wirawan
Dispendik Jember Tak Berani Janjikan Bosda Cair Juni

Jember (beritajatim.com) - Kepala Dinas Pendidikan Jember Bambang Hariono akan berusaha agar anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) yang dikenal juga sebagai anggaran program pendidikan gratis bisa cair bulan depan.

Hal ini dikemukan Bambang, dalam rapat kerja dengan Komisi D DPRD Jember, di gedung parlemen, Rabu (31/5/2017). Anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) daerah sebesar Rp 104,34 miliar yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Jember 2017 belum terealisasikan sama sekali hingga Mei ini.

Bambang mengatakan punya harapan yang sama dengan anggota DPRD. "Kami akan berusaha semaksimal mungkin, sehingga pada Juni, semua mekanisme terkait Bosda terselesaikan," katanya.

Namun, Bambang tak berani menjanjikan kepastian realisasi anggaran tersebut. "Kami jujur saja, (kalau) saya menjanjikan cair bulan Juni, tapi ternyata meleset, nanti kami dibilang mlenca-mlence. Saya akan berusaha, karena ini menyangkut sekian sekolah, baik SD negeri swasta maupun SMP negeri swasta. Perkembangannya akan kami koordinasikan," katanya.

"Terkait Bosda, kami berkoordinasi intensif dengan Bagian Hukum (Pemkab Jember), karena tidak sekali harus selesai. Juknis (Petunjuk Teknis) tak ada persoalan, sudah kami siapkan. Juknis sudah finishing. Tapi dengan Bagian Hukum, kami koordinasi dan konsultasi," kata Bambang.

Ketua Komisi D Hafidi Cholish menunggu bukti janji itu. "Kalau sampai Juni ini belum ada perkembangan apa-apa, walau pun hari raya kurang dua hari, Dinas Pendidikan kami panggil kembali," katanya.

Sekretaris Komisi D Nur Hasan meminta komitmen Dinas Pendidikan agar sebisa mungkin merealisasikan Bosda sebelum lebaran. "Banyak honor guru-guru di lembaga swasta yang tertunda, tidak dibayar. Karena keikhlasan saja mereka tetap bertahan," katanya. [wir/kun]

Tag : bosda jember

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan