Sisir Sampah Plastik, Relawan Repelika Kumpulkan 200 Kg Sampah

Kamis, 18 Mei 2017 21:35:43
Reporter : Misti P.
Sisir Sampah Plastik, Relawan Repelika Kumpulkan 200 Kg Sampah

Mojokerto (beritajatim.com) - Tim Sapu Bersih Sampah Plastik dari relawan Peduli Lingkungan (REPELIKA) Mojokerto kembali menyapu bersih sampah di lokasi Festival Kirab Budaya Majapahit di eks tanah ganjaran Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Sekitar 200 kilogram sampah plastik berhasil dikumpulkan.

Sekitar 150 relawan bergerak usai peserta terakhir Festival Kirab Budaya Majapahit diberangkatkan melalui rute yang telah disiapkan yakni depan Museum Majapahit menuju Komplek Makan Troloyo di Desa Sentonorejo. Dengan membawa 100 trash bag, para relawan menyisir sampah plastik sisa makanan dan minuman.

Sebanyak 200 kilogram sampah plastik yang dihasilkan dari para pedagang makanan dan minuman berhasil dikumpulkan para relawan. Sampah-sampah tersebut dikumpulkan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) parkiran Makan Troloyo. Sampah plastik air mineral dibagikan ke para pemulung, sementara sampah yang tidak bisa diambil pemulung dibuang di bak TPS.

Koordinator Repelika, Basuki mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan di setiap moment yang mendatangkan massa banyak. "Karena selalu ada sampah baik dari massa (masyarakat), peserta maupun para pedagang makanan dan minuman. Sampah yang diambil adalah sampah dampak pedagang," ungkapnya, Kamis (18/5/2017).

Selain mengambil sampah dari dampak yang dihasilkan pedagang, para relawan juga menyisir kotak nasi para peserta. Dengan tujuan mengurangi sedikit sampah kantong plastik. Sementara bekas botol air mineral atau sampah plastik yang bisa dimanfaatkan pemulung diberikan ke pemulung.

"Sampah yang dihasilkan dikumpulkan di TPS parkiran Makam Troloyo, ada sekitar 200 kilogram sampah yang berhasil dikumpulkan. Kita serahkan ke pemulung untuk dipilah dan yang tidak bisa dimanfaatkan kita buang ke bak TPS karena kebetulan di lokasi ada TPS sehingga sampah-sampah tersebut tidak kita bawa," katanya.

Menurutnya, aksi Sapu Bersih Sampah Plastik akan terus digelar tidak hanya di moment Festival Kirab Budaya Majapahit saja, namun semua moment yang mendatangkan massa banyak. Karena hal yang sama juga sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh Tim Sapu Bersih Sampah Plastik dari Repelika.[tin/kun]

Tag : sampah, lingkungan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan