APSI: Pengawas Sekolah Harus Profesional dan Bermartabat

Kamis, 18 Mei 2017 10:13:11
Reporter : M. Ismail
APSI: Pengawas Sekolah Harus Profesional dan Bermartabat

Sidoarjo (beritajatim.com) - Menurut Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Sidoarjo, Abdul Mukhlish, untuk mewujudkan pendidikan bermutu harus diawali dari koordinasi yang baik antara pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru dalam membina anak didiknya.

Oleh karena itu, dalam menciptakan koordinasi yang baik antar ketiga pihak itu, maka seorang pengawas sekolah harus profesional dan bermartabat. "Pengawas harus menguasai kompetensi dan mampu membina serta melakukan pendampingan managerial yang baik kepada kepala sekolah maupun guru," katanya disela-sela pelantikan Pengurus APSI Kab. Sidoarjo 2017-2022 di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo Kamis (18/5/2017).

Dia menambahkan, pengawas, bukan saja hanya mengawasi kinerja kepala sekolah dan guru. Melainkan juga juga memberi arahan, memperbaiki metode pembelajaraan dan pengajaran yang baik. "Pengawas juga mengingatkan kepala sekolah apabila terdapat hal-hal yang tidak semestinya," imbuhnya.

Lebih jauh mantan pejabat Diknas Kab. Sidoarjo itu menjelaskan, pengawas juga membantu mengembangkan kapasitas guru dalam pengetahuan dan pemahaman tentang proses pembelajaran, peran guru dan kepala sekolah serta fungsi Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk meningkatkan pembelajaran. (isa/kun)

Tag : pendidikan, sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan