Agar Stok Darah Jelang Ramadan Aman, Begini Upaya UTD PMI Pamekasan

Rabu, 17 Mei 2017 11:23:48
Reporter : Samsul Arifin
Agar Stok Darah Jelang Ramadan Aman, Begini Upaya UTD PMI Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan tengah berupaya untuk mengamankan persediaan stok darah menjelang Ramadan 1438 Hijriyah mendatang.

Sebab selama ini, pada bulan suci umat Islam tersebut seringkali persediaan kantong darah selalu difisit. Sehingga harus di antisipasi lebih awal guna menghindari persoalan tersebut.

"Berdasar grafik stok darah selama Ramadan dari tahun ke tahun, persediaan selalu defisit. Sebab pendonor tidak bisa mendonorkan darah mereka pada siang hari (berpuasa)," kata Kepala UTD PMI Pamekasan Achmad Syafirullah, Rabu (17/5/2017).

Dari itu pihaknya tengah berupaya untuk mengantisipasi persoalan tersebut, salah satunya dengan menggelar aksi donor darah massal yang dijadwalkan Kamis hingga Minggu (18-21/5/2017) mendatang.

"Saat ini kita sedang antisipasi kelangkaan darah saat Ramadan dengan menerapkan program mengumpulkan stok darah sebanyak-banyaknya untuk suplay selama Ramadan," jelas pria yang akrab disapa dr Syafi.

Saat disinggung soal persediaan darah pada bulan ini, pihaknya memastikan persediaan aman dan tidak ada masalah berarti. "Al-Hamdulillah stok darah di Pamekasan untuk bulan ini masih bisa diamankan," tegasnya.

Untuk diketahui, aksi donor darah massal UTD PMI Pamekasan nantinya juga akan digelar Gathering Pahlawan Donor Darah Pamekasan alias kopi darat (kopdar), serta lomba menggambar tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1 hingga 3 demi memeriahkan kegiatan.

Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan berbagai doorprize pada perayaan puncak. Di antaranya lemari es, mesin cuci, televisi LED, handphoe (hp), sepeda gunung, kompor gas, magic com, blander, kipas angin dan lainnya. [pin/but]

Tag : pmi, pamekasan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan