Ratusan Siswa Tiga SMP di Kabupaten Kediri Numpang UNBK

Rabu, 03 Mei 2017 21:49:43
Reporter : Nanang Masyhari
Ratusan Siswa Tiga SMP di Kabupaten Kediri Numpang UNBK

Kediri (beritajatim.com) - Ratusan siswa di dua SMP Negeri dan satu SMP swasta di Kabupaten Kediri terpaksa numpang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP 1 Ngasem Kabupaten Kediri. Para siswa ini sengaja mengungsi ujian online karena sekolahnya mengalami kekurangan sarana prasarana.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri ada sebanyak 724 peserta UNBK dari tiga sekolah tersebut yang terpksa numpang. Diantaranya dari SMP Negeri 1 Ngasem, SMPN 1 Gampengrejo dan SPM Prasetya Wiyata.

Tiga lembaga pendidikan ini sengaja menitipkan ujian online ke sekolah lain, karena lembaganya belum mempunyai sarana dan prasarana yang cukup dalam menyelenggarakan cyber test. Mengingat, dalam mengikuti UNBK ini, sekolah harus menyiapkan komputer yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Panitia Penyelenggara UNBK Rayon 17 Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Suhandayani mengatakan, sejauh ini pihaknya mempersiapkan 12 ruangan dan menerapkan tiga sesion.

"Untuk kendala yaitu adanya penggabungan ini diantaranya, pihak sekolah harus mendapat persetujuan dari orang tua wali untuk pemindahan ujian. Karena konsekuensinya ada beberapa siswa yang diantar orang tuanya untuk ujian," ujarnya, Rabu (3/5/2017).

Untuk jumlah peserta dari SMP1 Ngasem sebanyak 384 anak, SMP 1 Gampengrejo 326 anak dan SMP Prasetya Wiyata 22 siswa. Mereka mengikuti ujian nasional mulai hari senin kemarin, hingga tanggal 8 Mei nanti. Hingga saat ini pelaksanaan UNBK berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. (nng/kun)

Tag : unbk, unas, smp

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan