BPJS Buka Mini Gerai di WTC Surabaya

Selasa, 18 April 2017 20:14:23
Reporter : Fahrizal Tito
BPJS Buka Mini Gerai di WTC Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Jika kantor Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Surabaya terdapat antrian penuh dan mengular, bagi calon pendaftar hendaknya bisa berkunjung ke mini gerai yang ada di World Trade Center (WTC) Surabaya.

Himbauan tersebut yang di sampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, Mokhamad Cucu Zakaria, dalam keterangan pers yang diterima beritajatim.com, Selasa (18/4/2017).

"Upaya jemput bola terhadap para calon pendaftar Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri ini dilakukan sebagai terobosan untuk melayani para calon peserta yang sedang melakukan aktifitas di pusat perbelanjaan," terang Mokhamad.

Ia mengatakan, gerai ini tersebut sudah resmi bisa beroperasi mupai 17 April 2017 sampai dengan 23 April 2017 mendatang.

"Kami hadir di World Trade Center (WTC) Surabaya. Peluncuran ini sebagai terusan dari program kerjasama dengan PT Lippo Karawaci Tbk, dengan di dirikan di Mall City of Tomorrow Surabaya pada tanggal 1 April 2017 lalu," kata Cucu Zakaria.

Ia mengungkapkan, tujuan yang di berikan kepada masyarakat ini sbegaia upaya untuk meningkatkan pelayanan pendaftaran JKN KIS kepada penduduk kota Surabaya.

"Ini merupakan bentuk layanan dari BPJS Kesehatan untuk masyarakat, sehingga mereka bisa langsung melakukan pendaftaran JKN-KIS di mall tanpa harus mengantri di kantor BPJS Kesehatan," terangnya.

Menurutnya, pendaftaran JKN KIS di WTC tepatnya berada di galeri lantai 2 dan beroperasi dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

"Di sana (WTC) setiap harinya petugas kami akan membantu proses pendaftaran peserta dengan menggunakan sistem Dropbox," kata Cucu.

Pendaftaran di mall, tambahnya. Para calon peserta hanya perlu membawa persyaratan berupa fotocopy elektronik KTP (e-KTP) dan kartu keluarga, mengisi Daftar Isian Peserta (DIP) secara lengkap, fotocopy halaman pertama buku rekening (BNI, BRI, Mandiri atau BTN), dan foto 3x4.

"Selanjutnya tinggal menunggu pemberitahuan nomor 'virtual account' (VA) melalui SMS. Setelah mendapatkan nomor VA, diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan," ujarnya.

Selai itu, Akan dilakukan pengecekkan pada aplikasi kepesertaan yang akan menampilkan daftar peserta yang sudah melakukan pembayaran iuran pertama.

"Apabila peserta telah melakukan pembayaran iuran pertama, BPJS Kesehatan akan  mencetak dan mengirimkan kartu JKN-KIS ke alamat peserta," katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS akan difasilitasi melalui perluasan kanal-kanal pendaftaran yang ada.

"Di antaranya  pendaftaran melalui Care Center 1500-400 (khusus calon peserta dan keluarga yang belum pernah terdaftar sebelumnya) dan melalui berbagai Point of Service (POS) public area seperti Mall, Bank, Kelurahan dan Kecamatan," tandasnya. (ito/ted)

Tag : bpjs kesehatan

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan