Dilatih 4 Mahasiswa ITS

Gaul! Nenek-nenek di Surabaya Antusias Belajar Internet

Kamis, 13 April 2017 00:00:23
Reporter : Fahrizal Tito
Gaul! Nenek-nenek di Surabaya Antusias Belajar Internet

Surabaya (beritjatim.com) - Mendapat dana hibah yang sangat minim yakni hanya Rp 8 juta, empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memanfaatkan untuk kegiatan bermanfaat yakni melatih puluhan ibu-ibu lansia tentang penggunaan teknologi komputer dan internet sehat bertema "Lansia ABC".

Mereka adalah Dini Fadila, mahasiswi Prodi Fisika angkatan 2013; Annisa Ratnasari, Prodi Fisika angkatan 2013; Febriandini, Prodi Biologi angkatan 2016; dan Sandhitia, Prodi Desain Produk angkatan 2014.

Ketua kegiatan Program Kreativitas ITS Dini Fadilah mengatakan, pelatihan penggunaan teknologi komputer dan internet sehat ini merupakan bagian dari program "Lansia ABC". Yaitu suatu program khusus untuk masyarakat lansia.

"Ini merupakan program yang dibiayai oleh Kemenristekdikti. Kenapa pelatihan penggunaan komputer? Karena sebagai kampus teknologi, kami berupaya memanfaatkan fasilitas ITS agar menjadi bermanfaat untuk masyarakat," kata Dini ketika di temui disela-sela acara yang digelar di perpustakaan kampus setempat, Rabu (12/4/2017).

Mahasiswa jurusan Fisika ini menjelaskan, Lansia ABC meliputi beberapa program. Di antaranya program Agamis, Bahagia, dan Cerdas. "Pada kegiatan ini, para lansia diberikan wawasan bagaimana browsing internet. Tujuannya, memberikan wawasan terhadap dunia teknologi masa kini. Lansia juga akan diberikan wawasan cara membuat power point," jelas Dini.

Ia menambahkan, kegiatan mencerdaskan tersebut berkaitan dengan sharing keahlian dari lansia oleh lansia. Yakni, lansia akan menjadi narasumber dan akan mempresentasikan keahliannya di hadapan anggota lansia yang lain.

"Pelatihan teknologi ini kami berikan selain sebagai wawasan global juga untuk menunjang kemampuan lansia pada kegiatan selanjutnya," ujar Dini.

Ia memaparkan, selain penggunaan komputer dan internet, para lansia juga akan diberikan materi yang berkaitan dengan agama yakni praktik sholat, membaca dan menghapal Al Quran. "Untuk program cerdas yang meliputi kesehatan, kami bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk bersama-sama mengedukasi para lansia akan kesehatan," papar Dini.

Sementara target dari PKM ini adalah menelurkan modul pelatihan komputer bagi Lansia. Modul tersebut akan dibagikan ke lintas RW di Kelurahan Pacar Kembang. "Bahkan tidak menutup kemungkinan diperbanyak Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya untuk dibagikan ke Lansia se-Kota Pahlawan. Lansia di bawah kewenangan Dinsos," pungkas Dini.

Suwarni (75), lansia dari RW 6 Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari adalah salah satu peserta. Dia terlihat bersemangat belajar komputer. "Belum pernah belajar komputer. Baru sekarang ini," tuturnya.

Penuturan hampir sama disampaikan Jumirah (80), juga warga Pacar Kembang. "Di rumah ada komputer, punya cucu. Cuma tidak pernah pegang, takut rusak," aku Jumirah.

Keduanya mengaku yang akan dicari setelah pelatihan komputer ini adalah resep masakan, resep herbal. Selain itu, tips tetap sehat di usia lanjut. [ito/suf]

Tag : its, lansia

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan