Terobosan, MTsN Sumber Bungur Gagas 'Kantin Sehat'

Jum'at, 20 Januari 2017 19:06:52
Reporter : Samsul Arifin
Terobosan, MTsN Sumber Bungur Gagas 'Kantin Sehat'

Pamekasan (beritajatim.com) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan, terus melakukan terobosan guna menanamkan karakter dan pendidikan pelestarian lingkungan dan kesehatan bagi siswa.

Salah satunya dengan didirikannya 'Kantin Sehat' sebagai upaya memenuhi kebutuhan nutrisi bagi peserta didik maupun tenaga pengajar di lingkungan lembaga yang juga biasa disebut MTsN Model Sumber Bungur.

"Selama proses belajar mengajar, tentunya banyak energi yang dikeluarkan. Sehingga dibutuhkan pemenuhan nutrisi yang sehat sebagai asupan pengganti energi yang dipakai. Hal itu mutlak diperlukan," kata Mohammad Holis, Jum'at (20/1/2017).

Keberadaan kantin tersebut dinilai berfungsi sebagai salah satu sarana pendidikan, termasuk bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran dan berdiskusi. "Bisa saja di kantin ini dijadikan tempat diskusi maupun penyampaian materi pelajaran tentang nutrisi dan bahan makanan," ungkapnya.

"Atau bisa juga keberadaan kantin ini dikupas melalui aspek sosial ekonomi. Bagaimana peserta didik dapat dilatih untuk memiliki rasa enterpreneurship dan tanggungjawab," imbuhnya.

Selain itu, beberapa menu yang disajikan juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi sehat. Seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral hingga protein. "Jadi menu yang kami sajikan bukan mengandung zat aditif berbahaya. Namun kita komitmen untuk bebeas dari 6P (penyedap, pemanis, pengenyal, pengawet, pewarna dan pembungkus)," jelasnya.

"Dalam kegiatan melayani kebutuhan nutrisi, pengelolaan tempat ini juga melibatkan para peserta didik yang diawasi salah satu guru yang dipercaya sebagai penanggung jawab," sambung kepala yang sempat mendapatkan apresiasi terhadap pengelolaan madrasah beritegritas, profesional dan bertanggungjawab.

Bahkan kantin tersebut juga dijadikan sebagai laboratorium pembelajaran, karena setiap menu makanan dan minuman (mamin) juga disediakan informasi kandungan gizi dan manfaat. "Jadi peserta didik bisa belajar bagaimana menerapkan asas ekonomi, termasuk juga berinteraksi dan bersosialisasi," pungkasnya. [pin/but]

Tag : mts

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan