SDM 4 Pucang Sabet Juara II Whole School Kemendikbud 2016

Senin, 17 Oktober 2016 21:02:30
Reporter : Fahrizal Tito
SDM 4 Pucang Sabet Juara II Whole School Kemendikbud 2016

Surabaya (beritajatim.com) - SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya berhasil menyabet juara kedua dalam Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar tahun 2016, kategori penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, di Balikpapan, Jumat (14/10/2016) lalu.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Edi Susanto M.pd, Senin (17/10/2016). Menjelaskan, Kemendikbud ini memberikan apresiasi terhadap kinerja sekolah yang berprestasi.

"Ada empat komponen penilaian untuk bisa lolos dalam kejuaraan ini yakni dari aspek pembelajaran ekstrakurikuler dalam pendidikan karakter, manajemen berbasis sekolah, sekolah yang menerapkan kebersihan dan kesehatan dilingkungan nya serta pengelolaan perpustakaan," jelas Edi.

Dalam diperlombaan tingkat nasional itu, sekolah yang ia pimpin berhasil menyabet juara dua nasional, dalam penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school).

"Pada kategori whole school, juara pertama diraih oleh SD Sabilillah, Malang. Dan juara kedua SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Seleksi ditingkat Daerah, Provinsi, dan Nasional. Total ada 38 sekolah dari Sabang-Meraoke," ujarnya.

Selain proposol, tambahnya. Panitia pusat melakukan penilaian dengan melakukan tinjauan langsung ke sekolah untuk melakukan verifikasi seperti dari kegiatan belajar mengajarnya, prestasi sekolah, siswa, maupun lainnya.

"Kita juga menyediakan tim dokter di sekolah. Ada dua dokter gigi, dokter umum, dan perawat. Kita menyiapkan portofolio dilihat dari 3 tahun terakhir," tambahnya.

Ia mengunkapkan, dari segi keamanan sekolah terhadap siswa pihaknya juga harua Siap memaparkan kepada tim juri yang sedang melakukan visitasi. Semantara kemanan sekolahnya, pihaknya juga melakukan langkah yang strategis agar terjauhkan dari sebuah kasus yang melibatkan siswanya.

"Maraknya pelecehan seksual siswa, jauh-jauh hari kita sudah mengantisipasi nya dengan cara memilih Ofice boy sesuai gender. untuk OB perempuannya menangani toilet perempuan. Begitu juga sebaliknya yang jaga toilet laki-laki," paparnya.

Torehan prestasi tingkat nasional ini bukan pertama kali didaptkan oleh sekolah yang beralamat kan di Jalan Pucang Anom nomer 93 ini.

Pasalnya, selain itu penghargaan atas karya intelektual 2015 World Intellectual Property Organization (WIPO) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga pernah di raihnya. (ito/ted)

Tag : sd muhammadiyah

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan