SMAN 1 Ponorogo Bantah Tolak Siswa Berprestasi

Rabu, 29 Juni 2016 16:16:19
Reporter : Pramita Kusumaningrum
SMAN 1 Ponorogo Bantah Tolak Siswa Berprestasi

Ponorogo (beritajatim.com) - Diduga menolak siswa berprestasi, SMAN 1 Ponorogo diprotes oleh anggota komisi A DPRD Ponorogo Mursid Harjanto. Pasalnya dia mendapat laporan, siswa SMPN 1 Mlarak ditolak melalui jalur prestasi oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1.

Apalagi siswa yang dimaksud, juara 2 Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Ponorogo. "Kok yo ditolak, belum lagi itu anak yatim," katanya, Rabu (27/6/2016).

Alasannya harus ada rekomendasi dari dinas pendidikan. Dia mengatakan dalam menurutnya dalam surat edaran tidak harus ada rekomendasi.

Sementara ketua panitia PPDB SMAN 1 Ponorogo, Sukardi, mengatakan, jalur prestasinya menerima 43 siswa. Dan kuota terpenuhi semua.

Dia menampik jika menolak anak didik dari SMPN 1 Mlarak. Dia beralasan dari 10 persen kuota yang diperuntukkan siswa berprestasi harus ada rekomendasi. "Jadi rekomendasinya dua, entah sari rekomendasi kepala sekolah SMAN 1 Ponorogo maupun kepala Dindik Ponorogo," katanya.

Tidak ada rekomendasi dari dua orang tersebut tentu siswa tidak diterima. Pun jika dia melalui jalur tes dan memasukan piagam-piagam yang ada bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Menurutnya, nilai hasil tes akan dikombinasi dengan piagam yang ada. "Biasanya memang seperti itu. Jadi tidak ada yang kami tolak melalui jalur prestasi," tegasnya.

Setali tiga uang dengan Panitia PPDB SMAN 1 Ponorogo, Kabid Disdasmen Dindik Ponorogo, Purwo, mengatakan jalur prestasi hanya ada dua. Satu mendapat rekomendasi dari kepala Dindik Ponorogo dan satu mendapat rekomendasi dari kepala sekolah. "Tidak mendapat surat rekomendasi tidak bisa," tegasnya. (mit/kun)

Tag : ppdb, psb, ponorogo

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan