Piala AFF Indonesia Vs Singapura, Ini Catatan Pertemuan 2 Tim

Jum'at, 09 Nopember 2018 13:20:39
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Piala AFF Indonesia Vs Singapura, Ini Catatan Pertemuan 2 Tim
Foto: PSSI

 Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura untuk kedelapan kalinya di Piala AFF malam nanti. Skuad Garuda bakal berusaha memperbaiki catatan head-to-head jumpa Singapura.

Indonesia akan memulai langkah di Grup B Piala AFF 2018 dengan menjalani laga away ke Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung di National Stadium, Kallang, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam WIB.

Meskipun Singapura tidak difavoritkan di gelaran Piala AFF tahun ini, tetapi Indonesia patut waspada. Sejauh ini, kedua negara sudah tujuh kali bertemu sejak turnamen ini masih bernama Piala Tiger.

Dari tujuh kaili bertandinga melawan Singapura, Indonesia menelan empat kekalahan, sekali imbang dan baru dua kali menang.

Kekalahan pertama Indonesia dari Singapura terjadi di ajang Piala Tiger 1998. Saat itu, Indonesia yang lolos sebagai runner-up Grup A kalah di semifinal dari Singapura yang berstatus juara Grup B. Dalam pertandingan yang berlangsung di Thong Nhat Stadium, Vietnam, Indonesia takluk 1-2 dari Singapura.

Di Piala Tiger 2004, Indonesia kembali jumpa Singapura, kali ini di babak final. Di leg pertama yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Indonesia menyerah 1-3. Sedangkan di leg kedua, tim Merah Putih takluk 2-1. Indonesia harus puas jadi runner-up karena kalah agregat 2-5.
 
Empat tahun berselang, Indonesia kembali jumpa Singapura di Piala AFF 2008, saat itu Indonesia lagi-lagi takluk dari Singapura 0-2 berkat dua gol dari Baihakki Kaizan dan Shi Jiayi.

Sedangkan dua kemenangan Indonesia atas Singapura baru bisa diraih saat turnamen Piala Tiger berubah menjadi Piala AFF. Di tahun 2012, Indonesia bertemu Singapura di fase grup.

Dalam pertandingan yang berjalan sengit, Indonesia mencetak gol semata wayang kemenangan dari sepakan bebas Andik Vermansyah di menit ke-88.

Empat tahun berselang, Indonesia dan Singapura jumpa di fase grup AFF 2016. Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama karena gol Khairul Amri. Indonesia mampu comeback berkat gol Andik dan Stefano Lilipaly, skor 1-2 untuk kemenangan Indonesia menutup laga.

Bisakah Indonesia memperbaiki catatan melawan Singapura di laga perdana Piala AFF 2018? Menarik untuk disaksikan malam nanti.

Sementara itu Pelatih Indonesia Bima Sakti yakin laga perdana ini bakal berlangsung ketat dan menarik bagi kedua tim. Namun ia yakin anak asuhnya akan bermain lepas seperti tampil di kandang meski ini menjalani partai tandang.

"Kami akan mencoba untuk bermain bagus dan fokus pada semua pemain lawan. Kami butuh poin penuh di Singapura untuk pertandingan selanjutnya melawan Timor Leste," kata Bima.

Ia menambahkan bahwa ia selalu menerapkan di tim tidak ada pemain cadangan, lalu kapten juga memang ada beberapa pemain yang kita anggap senior dan semua ada kesempatan.

"Kapten kami pilih Hansamu Yama karena dia sudah menjadi kapten dari SEA Games dan Asian Games, jadi sudah lebih mengerti bagaimana kondisi semua pemain. Jadi kami menerapkan semua pemain itu pemain inti dan tidak ada cadangan,"jelasnya.

Sementara itu, Hansamu menegaskan kesiapannya untuk mengenakan ban kapten Skuat Garuda.

"Kalau masalah kapten itu pilihan pelatih. Seperti kata pelatih, di tim ini tidak ada istilah pemain inti atau cadangan. Jarak usia kami sekarang juga enggak jauh beda dengan pemain senior. Para pemain senior juga baik-baik, terus kami sering sharing masalah tim, jadi itu enggak ada masalah," tambah pemain belakang asal Barito Putera itu.[ted]

Tag : piala aff

Berita Terkait

Komentar

Kanal Olahraga