Rute ITdBI Menantang Sekaligus Menyenangkan

Selasa, 25 September 2018 13:00:59
Reporter : Rindi Suwito
Rute ITdBI Menantang Sekaligus Menyenangkan

Banyuwangi (beritajatim.com) - International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI) akan dilaksanakan pada 26-29 September 2018 mendatang.

Kompetisi balap sepeda kategori 2.2 ini akan digelar dalam empat etape dengan total lintasan sepanjang 599 Km. Dipastikan para pembalap dari 19 tim dari 25 negara akan menghadapi rute yang menarik sekaligus menantang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan dengan lintasan sepanjang 599 kilometer ini, para pembalap akan menyusuri panorama elok Bumi Blambangan hingga berpacu menaklukkan tantangan ekstrim tanjakan Gunung Ijen.

Semua rute tersaji lengkap, mulai pedesaan, perkebunan, pegunungan, hingga pantai.

“Melewati berbagai kawasan indah yang bervariasi, para pebalap juga akan ditunjukkan keramahan warga. Ini sesuai dengan konsep sport tourism ITdBI, di mana ajang olahraga berpadu dengan strategi pengembangan pariwisata," ujar Anas, Selasa (25/9/2018).

ITdBI 2018 diikuti sebanyak 19 tim. Mereka terdiri atas 15 tim luar negeri (termasuk continental team yang merupakan divisi tiga balap sepeda dunia) dan 4 tim dalam negeri.

Tim continental yang akan berkompetisi di ajang ini di antaranya adalah Kinan Cycling Team (Jepang), Terengganu Cycling Team (Malaysia), Ningxia Sports Livial (Cina).

"Kinan saat ini menduduki peringkat satu Asia Tour," kata Anas.

Anas menambahkan setiap etape para pembalap akan mengawali lintasannya dari garis start yang berbeda. Di etape pertama, balapan akan dimulai dari Kantor Pemkab Banyuwangi, lalu etape dua di Stasiun Kalibaru Kecamatan Kalibaru, etape ketiga di RTH Maron Kecamatan Genteng, dan etape empat di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran.

"Kami mengupayakan titik start dan finish yang berbeda setiap tahunnya. Seperti tahun ini, kami ingin mengenalkan pembalap dua lokasi paling ujung di Banyuwangi, seperti di Sarongan dan Kalibaru. Tentunya, ada jalur baru yang bakal dilintasi pembalap," kata Anas.

Lokasi finish untuk etape pertama berada di destinasi wisata Rowo Bayu Kecamatan Songgon. Etape dua dan tiga di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. Etape keempat atau yang terakhir berada di Kawasan Paltuding, Gunung Ijen Banyuwangi. (rin/ted)

Tag : balap sepeda

Berita Terkait

Komentar

Kanal Olahraga