Abdul Gani Raih Juara 1 TdI Etape Madiun-Mojokerto

Jum'at, 26 Januari 2018 22:08:20
Reporter : Misti P.
Abdul Gani Raih Juara 1 TdI Etape Madiun-Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) - Etape kedua kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Indonesia (TdI), peserta dari Indonesia, Abdul Gani (25) menjadi juara pertama. 

Di etape pertama pembalap asal Samarinda ini hanya berhasil meraih juara ketiga saat menjalani rute Candi Prambanan hingga Alun-alun Ngawi. Abdul Gani mengucapkan terima kasih kepada tim dan sponsor yang sudah mendukungnya. 

"Senang, bahagia dan bangga juara, ini saya persembahkan untuk tim saya dan semua yang dukung saya hari ini. Ini memang rute saya, ini menjadi tugas saya," ungkapnya, Jum'at (26/1/2018).

Menurutnya, di etape kedua yakni dengan rute Alun-alun Madiun hingga Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto menjadi sebuah tantangan. 

Karena faktor cuaca, ada gerimis tapi diakuinya tidak mengurangi semangat. Selain itu, adanya serangan dari team lain juga menjadi tantangan tersendiri. 

"Cuaca tidak ada masalah, hujan sudah biasa. Terberat mungkin ada serangan dari team lain dan di lintasan daerah hutan, lupa dimana jalannya agak bergelombang tapi masih bisa dilewati. Strateginya, memang harus ada orang di depan, jangan terlalu jauh untuk menjaga besok. Saingan terberat Australia," katanya.

Menurutnya, di km 65 atau sekitar 1 jam baru bisa bisa lepas rombongan besar karena team ada yang menahan di belakang. 

Sehingga team lain tidak bisa mendekatinya. Gani mengaku, optimis bisa menjadi juara karena ia dan teamnya, KFC Cycling Team mempunyai target dan strategi untuk meraih target tersebut. 

"Masih ada dua etape lagi, nanti biar team yang merencanakan.  Kita punya rahasia bagaimana untuk meraih target. Kita lihat besok, karena lintasanya ada menanjaknya. Masih ada dua etape, ini juga sebagai penentu buat team juga. Mudah-mudahan bisa dilewati dan juara," tegasnya. 

Abdul Gani dari KFC Cycling Team juara pertama dengan catatan waktu 2:24:17, disusul Mat Amin Mohd Shahrul dari Terengganu Cycling Team Malaysia dengan catatan waktu 2:24:21 dan juara ketiga diraih, Mohd Zariff Muhamad Nur Aiman dari Team Sapura Cyling Malaysiab dengan catatan waktu 2:24:26.

Juara pertama mendapatkan hadian Rp 30 juta, juara kedua Rp 20 juta dan juara ketiga Rp10 juta. 

Kejuaraan balap sepeda Internasional Tour de Indonesia (TdI) 2018 mengambil start di Candi Prambanan, Jogjakarta dan finish Denpasar, Bali yang terdiri dari empat etape. 

Etape pertama dari Candi Prambanan menuju Alun-Alun Ngawi dengan jarak tempuh 124,7 km, Kamis (25/1/2018). 

Berikutnya dari Alun-Alun Kota Madiun menuju Kantor Walikota Mojokerto dengan jarak tempuh 117,7 km melewati jalur utama, Jum'at (26/1/2018). 

Etape tiga, Sabtu (27/1/2018) dari Probolinggo menuju Banyuwangi dengan jarak tempuh 200 km yang menjadi etape terpanjang. 

Untuk etape empat, Minggu (28/1/2018) semua pebalap akan menyebarang ke Pulau Bali dan dimulai dari Gilimanuk, finish di Lapangan Puputan Renon, Denpasar dengan jarak tempuh 170,9 km.[tin/ted]

Tag : balap sepeda

Berita Terkait

Komentar

Kanal Olahraga