Jinakkan Barito, Persela Tutup Putaran Pertama Liga 1 dengan Happy Ending

Jum'at, 28 Juli 2017 18:47:42
Reporter : Deni Ali Setiono
Jinakkan Barito, Persela Tutup Putaran Pertama Liga 1 dengan Happy Ending

Lamongan (beritajatim.com) - Tuan rumah Persela Lamongan menutup hasil putaran pertama kompetisi Liga 1 2017 dengan happy ending. Skuad laskar 'Joko Tingkir', julukan Persela, berhasil menumbangkan Barito Putera dengan skor 3-2 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (28/07/2017) sore.

Ketiga gol Persela diciptakan oleh pemain marque player-nya Jose Manuel Barbosa (Jose Coelho) menit ke 25, Samsul Arif menit ke 30, dan M.Fahmi Al Ayyubi menit ke 87. Gol balasan Barito Putera diciptakan oleh Gavin Kwan Adsit menit ke 31, dan Rizky Pora menit ke 81.

Sejak kick off kedua klub langsung sama-sama bermain ofensif. Namun, memasuki menit ke 10 kedua kesebelasan malah mengendurkan serangan. Persela membuka peluang terlebih dulu melalui pemain timnas U-22 Saddil Ramdani. Namun, sayang tendangannya dari luar kotak pinalti diamankan penjaga gawang Barito Putera, Aditya Harlan.

Memasuki menit ke 20, Persela harus kehilangan penjaga gawang utamanya, Choirul Huda setelah salah jatuh. Sebagai penggantinya, Persela memasukkan penjaga gawang nomor dua, Ferdiansyah.

Pergantian penjaga gawang itu, dimanfaatkan oleh Barito Putera. Tapi sayang, lagi-lagi tendangan Douglas Packer belum membuahkan hasil.

Terus ditekan oleh pemain Barito Putera, Persela sebaliknya malah mampu mencetak gol terlebih dulu melalui Jose Manuel Barbosa menit ke 25 setelah tendangannya dari sudut sempit gagal ditepis penjaga gawang Barito Putera, Aditya Harlan. Sehingga, skor menjadi 1-0.

Unggul satu gol, Persela yang terus meningkatkan serangan malah menambah gol keduanya setelah tendangan salto Samsul Arif yang memanfaatkan bola rebound Jose Manuel Barbosa gagal diantisipasi penjaga gawang Aditya Harlan dan skor berubah lagi menjadi 2-0 di menit ke 30.

Tak mau begitu saja kehilangan poin, Barito Putera yang tertinggal dua gol akhirnya membalas gol pertamanya melalui sundulan kepala Gavin Kwan Adsit di menit ke 31. Skor 2-1 hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Barito Putera langsung menggebrak pertahanan Persela. Menit ke 46 Rizky Pora nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan bebasnya yang berhasil diantisipasi penjaga gawang Persela, Ferdiansyah.

Satu menit kemudian Barito Putera menekan balik. Aksi overlap bek Aaron Evans hampir menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan Matias Cordoba, sundulan pemain asal Australia tersebut masih terlalu lemah dan dapat ditangkap Ferdiansyah.

Barito Putera yang terus menekan pertahanan Persela. Akhirnya, mampu menyamakan kedudukan di menit ke 81 saat Rizky Pora menerima umpan menyusur tanah dari lini tengah,  dan langsung menendang bola dengan keras ke arah gawang. Bola gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Ferdiansyah dan berbuah gol. Skor berubah menjadi 2-2.

Saat kedudukan 2-2, Persela mencoba mencetak gol lagi. Usaha Laskar Joko Tingkir akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-87. Aksi individu Fahmi Al-Ayyubi di kotak penalti berhasil mengecoh dua bek persela. Fahmi kemudian melesatkan tendangan keras yang gagal dibendung Aditya Harlan. Gol kembali tercipta dan papan skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan tuan rumah.

Skor 3-2 untuk kemenangan Persela bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Menanggapi kemenangan ini Pelatih Persela Herry Kiswanto menuturkan, secara keseluruhan pertandingan. Dirinya, cukup puas dan pemain menjalankan instruksi sesuai strategi terlebih lagi pertandingan melawan Barito Putera merupakan pertandingan terakhir di putaran pertama.

"Pemain bermain luar biasa terutama Jose Manuel Barbosa yang menjadi titik sentral saat melakukan attacking ke pertahanan Barito Putera," tuturnya.

Sementara, pelatih Barito Putera Jaksen F.Tiago mengatakan, dirinya menyesal karena pemainnya tidak mempertahankan hasil seri. Padahal, sejak awal pertandingan pemainnya mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang.

"Hasil di putaran pertama ini akan menjadi evaluasi bagi kami karena ada penambahan pemain baru utamanya di posisi striker. Sedangkan mengenai gol ketiga Persela, hal itu bisa saja tidak terjadi jika pemain belakangnya tidak lengah saat Fahmi M.Al Ayubbi melakukan penetrasi masuk ke kotak pinalti," tandasnya. [dny/kun]

Tag : persela, barito putra, liga 1

Berita Terkait

Kanal Olahraga