Men Elite Terpuruk

Elga Jadi Pelipur Lara di Banyuwangi International BMX 2017

Minggu, 23 April 2017 21:00:22
Reporter : Rindi Suwito
Elga Jadi Pelipur Lara di Banyuwangi International BMX 2017

Banyuwangi (beritajatim.com) - Putaran kedua kejuaraan BMX Internasional 2017 di Banyuwangi menjadi milik atlet Jepang, Kohei Yoshii. Kohei menjadi yang tercepat selama dua hari berturut-turut di kompetisi yang digelar di Sirkuit Muncar, Banyuwangi.

Tim putra anggota Pelatnas BMX Indonesia kembali gagal menjadi yang terbaik di round 2 Banyuwangi International BMX 2017. Kohei merusak dominasi atlet Pelatnas Indonesia di ajang ini.

Hari ini pembalap 22 tahun itu menyisihkan duo Indonesia, I Gusti Bagus Saputra dan Rio Akbar yang harus puas di posisi dua dan tiga.

Kegagalan di Banyuwangi rupanya tak membuat PB ISSI kecewa. "Sejak awal Pelatnas tahun 2016 kemarin, saya pribadi puas meski dua kali dipecundangi oleh Jepang. Apalagi catatan waktunya juga tidak terlalu jauh," kata Kabid Bina Prestasi PB ISSI Sugeng Trihartono, Minggu (23/4/2017)

Ada berbagai faktor yang membuat tim putra Indonesia dua kali tumbang di tangan pembalap Jepang Kohei Yoshii. "Yoshii adalah pembalap tangguh. Dia juara Asia dua tahun lalu. Performanya memang stabil," aku mantan Koordinator pelatih MTB dan BMX Jawa Timur (Jatim) di PON 2016 tersebut.

Sementara itu hasil buruk didapat andalan Indonesia Toni Syarifudin. Pembalap yang turun di Olimpiade Rio 2016 ini finish paling buncit, yakni posisi ke delapan, pasca crash di awal lomba. Wakil Pelatnas lainnya Firman Candra Alim juga terpuruk di posisi ketujuh.

Pria yang akrab disapa Tono ini berharap kekalahan di Banyuwangi tak menurunkan ekspektasi masyarakat terhadap tim BMX putra Indonesia. "Anak-anak ini masih muda. Potensinya luar biasa. Mereka harus diberi kesempatan untuk explore kemampuannya. Salah satunya try out," sebut Tono.

Sementara itu, prestasi tim putra berbanding terbaik dengan capaian tim putri Indonesia yang tampil tanpa lawan di ajang ini.

Hasil di kategori elite women sama persis dengan round 1 Sabtu (22/4) kemarin. Elga Kharisma Novanda menjadi yang tercepat. Elga disusul rekannya di Pelatnas, Cupi Novianti dan Tifania Adine Almira Azaria dari Thrill Factory Team Indonesia. (rin/ted)

Tag : bmx

Berita Terkait

Kanal Olahraga