Relawan Jokowi dan 'Banteng-Banteng' Tua Ini Bangkit Demi Puti Soekarno

Selasa, 13 Februari 2018 11:54:12
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Relawan Jokowi dan 'Banteng-Banteng' Tua Ini Bangkit Demi Puti Soekarno

Surabaya (beritajatim.com) - Tim Pemenangan Presiden Jokowi saat  Pilpres 2014 lalu yang dinamakan Relawan Jokowi (Rejo) Jatim kini menjelma menjadi tim pemenangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno pada pilgub Jatim 2018.

"Awalnya, Relawan Jokowi atau Rejo Jatim pada tahun 2014 tersebar di 30 kabupaten/kota se-Jatim. Ini yang kami mutasikan menjadi relawan Bakti Puti (Barisan Kasepuhan-Kanoman Dukung Puti) Jatim, dengan mendapatkan penguatan dari 'banteng-banteng' tua yang menepi, yang menarik diri dan tak pernah aktif di dunia politik," kata Ketua Bakti Puti, Heri Purwanto kepada beritajatim.com, Selasa (13/2/2018).

Menurut Heri yang mantan anggota DPRD Jatim ini, 'banteng-banteng' yang jauh dari dunia politik praktis selama belasan atau puluhan tahun, terpanggil untuk turun gelanggang kembali demi memenangkan cucu tulen Bung Karno, Puti Guntur Soekarno.

Puti menjadi cerminan kebangkitan Marhaen di Jawa Timur, karena dia merupakan cucu langsung Bung Karno dari Guntur Soekarno Putra. Untuk itu, kaum Marhaen dan Soekarnois memutuskan mendirikan organisasi relawan yang bernama Bakti Puti.

Heri mengatakan, kebijakan PDIP untuk menyandingkan Gus Ipul dengan Puti menjadi magnet bagi Soekarnois. Menurut dia, jika sebelum ada keputusan menjadikan cucu Soekarno sebagai wakil, kaum Marhaen ini malas untuk bergerak dalam panggung politik pilgub Jatim.

Namun, setelah PDIP memastikan membawa Puti sebagai calon wakil gubernur mendampingi Gus Ipul, gerakan Marhaen kembali muncul. Ideologi marhaenisme yang diajarkan Soekarno kembali bersuara dan memutuskan untuk mendirikan relawan pemenangan Gus Ipul-Puti dengan nama Bakti Puti.

Setelah Puti maju menggantikan Azwar Anas, Marhaen dari berbagai daerah langsung melakukan konsolidasi. Aktivis-aktivis senior yang dulunya meninggalkan dunia perpolitikan langsung bangkit. Mereka bersama-sama dengan barisan kasepuhan dan Polo Pendem, mulai dari Mageran, Kediri, Nganjuk, Madiun langsung turun gunung. Mereka membentuk persatuan barisan pemenangan Puti.

Relawan ini, lanjut dia, tidak hanya berisikan orang-orang sepuh, tetapi banyak kalangan muda yang terlibat. Mereka juga menginginkan, keturunan Soekarno bisa memimpin Jawa Timur dan mengabdikan diri kepada tempat kelahiran kakeknya.

"Bayangkan, ketika melihat kalangan marhaen dari usia 35 tahun hingga 70 tahun bersatu dengan semangat tinggi. Maka gerakan ini akan melaju deras dengan tekad untuk memenangkan Puti," pungkas Heri. (tok/kun)

Tag : pilgub jatim, gus ipul

Berita Terkait

Kanal ngopi bareng gus ipul