Gus Ipul Ingatkan Pekerja Antisipasi Era Industri Keempat

Sabtu, 12 Agustus 2017 09:32:19
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul Ingatkan Pekerja Antisipasi Era Industri Keempat

Surabaya (beritajatim.com) - Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengingatkan para pekerja untuk terus meningkatkan keterampilan dan kompetensinya.

Ini karena sebentar lagi akan memasuki era industri keempat, yakni era di mana industri diiringi kemajuan teknologi pesat, sehingga pekerja akan mulai digantikan oleh mesin modern yang lebih efisien dan akurat.

"Hal ini harus kita sikapi dan rumuskan dengan baik. Saya gembira melihat komitmen dan semangat teman-teman untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas. Termasuk melalui organisasi ini, selain tambah teman dan pengalaman, anggota SPSI bisa menambah ilmu sehingga lebih profesional," kata Gus Ipul saat membuka rapat kerja daerah Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (LEM) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jatim di Hotel Royal Tretes View Pasuruan.

Selain kompetensi, lanjutnya, sifat disiplin dan jujur juga penting sebagai modal untuk menjadikan pekerja menjadi loyal dan bisa dipercaya. Sikap yang tak kalah penting yakni kesetiakawanan. Unsur-unsur ini menjadikan para pekerja lebih bermartabat.

Menurut Gus Ipul, selain sifat di atas, sifat satu komando juga mampu membuat hubungan yang harmonis antara pekerja dengan industri. Dimana para pekerja difasilitasi untuk dapat berkomunikasi dengan pihak perusahaan. "Banyak hal yang jadi jelas bila dikomunikasikan dengan baik, seperti saat kita membahas soal UMK. Sebenarnya banyak program kesejahteraan lain seperti perumahan untuk pekerja, fasilitas kesehatan dan transportasi," ujarnya.

Jatim menjadi salah satu provinsi yang selama tiga tahun berturut-turut meraih penghargaan sebagai provinsi yang aman, nyaman dan kondusif di Indonesia. Situasi ini salah satunya disebabkan oleh kondusifitas iklim tenaga kerja yang diciptakan SPSI Jatim. Di mana ketika ada demonstrasi, aspirasi disampaikan dengan tertib dan teratur.

"Dengan situasi yang kondusif ini, otomatis banyak investor yang tertarik menanamkan investasinya di Jatim, hal ini tentunya berdampak positif bagi iklim industri kita, termasuk bagi pekerjanya," jelas Gus Ipul.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Jatim selalu di atas rata-rata nasional. Terlebih saat kondisi ekonomi global yang kurang menentu saat ini. "Saya bersama Pak Gubernur selalu berdiskusi untuk mencari solusi terbaik, termasuk untuk teman-teman pekerja semua. Untuk itu, kami berharap teman-teman SPSI bisa ikut menjaga situasi kondusif ini untuk kemajuan bersama," ungkapnya.

Sekretaris Umum DPP FSP LEM SPSI, Fauna Sukma Prayoga mengatakan salah satu syarat agar organisasi maju adalah menata administrasi. Untuk itu ia mengajak seluruh LEM SPSI Jatim agar memperhatikan hal itu. Selain itu, agar bisa terus maju, LEM harus solid. "Jangan berjalan sendiri-sendiri, tapi harus bekerja sama dan saling membantu satu sama lain," katanya.

Rakerda ini diikuti oleh DPD Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin yang berasal dari beberapa daerah di Jatim. Tema rakerda kali ini adalah 'Dengan Rakerda Kita Perkuat Persatuan dan Kesatuan serta Eksistensi dan Perbaikan Organisasi Secara Total'. (tok/kun)

Tag : gus ipul

Berita Terkait

Kanal ngopi bareng gus ipul