Harlah Muslimat NU ke-71

Ketika Ibu-ibu Muslimat NU Berebut Jabat Tangan Gus Ipul

Kamis, 20 April 2017 21:47:01
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ketika Ibu-ibu Muslimat NU Berebut Jabat Tangan Gus Ipul

Surabaya (beritajatim.com) - Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri acara Harlah ke-71 Muslimat NU Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Bangkalan di Pondok Pesantren KH Syaichona Cholil Bangkalan, Kamis (20/4/2017). Tampak puluhan ibu-ibu Muslimat NU berebut bersalaman dengan Gus Ipul.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul ingin mengajak ibu-ibu Muslimat NU bekerjasama dengan pemprov Jatim untuk mengatasi penyakit kusta dan tuberkulosis (TB) di daerah masing-masing. Kerjasama bisa dilakukan melalui MoU antara Dinas Kesehatan Provinsi Jatim atau dinas kesehatan kabupaten/kota dengan Muslimat NU.

"Kalau Muslimat ikut turun mengatasi masalah ini, maka penyakit kusta dan TB segera bisa ditangani. Pulau Madura maju, Jatim juga ikut maju," tegas Gus Ipul.

Ia mengatakan, penyakit kusta dan TB ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus ditangani bersama termasuk melibatkan partisipasi para Muslimat NU. Apalagi berdasarkan data WHO tahun 2014, jumlah kasus kusta di Indonesia menduduki peringkat ketiga terbanyak setelah India dan Brazil.

Pada tahun 2015, Jatim merupakan provinsi penyumbang kasus baru kusta yang cukup tinggi di Indonesia yakni sebanyak 23 persen. Dalam hal ini, Pulau Madura merupakan penyumbang kusta terbanyak sebanyak 35 persen penderita kusta di Jatim.

Menurut orang nomor dua di pemprov ini, penyakit kusta dan TB di Jatim masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang harus segera dipecahkan bersama.

"Penyakit kusta dan TB bukan penyakit kutukan dan bisa disembuhkan. Namun, dengan obat-obatan yang modern dan peralatan makin canggih, kedua penyakit tersebut bisa disembuhkan," tuturnya.

Untuk itu, muslimat diminta terus memperhatikan jika ada saudara atau tetangga yang memiliki tanda-tanda penyakit kusta dan TB, agar segera melaporkan dan membawanya ke puskesmas terdekat.

Gus Ipul menjelaskan dalam penanganan penyakit kusta, pemprov Jatim melalui Dinkes Jatim memiliki program  pengendalian penyakit kusta yang dikenal dengan Jelita (Jawa Timur Eliminasi Kusta) tahun 2017. Sedangkan dalam menangani penyakit TB, pemprov Jatim memiliki program Toss (Temukan, Obati, Sampai Sembuh). "Mari kita sukseskan program Jelita untuk atasi penyakit kusta dan Toss untuk atas penyakit TB," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rois Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyhuri yang memberikan tauziah, Ketua PW Muslimat NU Jatim Hj Masruroh Wahid, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Bangkalan, serta pengurus maupun anggota Muslimat NU se-Kabupaten Bangkalan. (tok/ted)

Tag : gus ipul

Berita Terkait

Kanal ngopi bareng gus ipul