Korupsi Rp 224 Juta, Kades Segoromadu Jalani Sidang Perdana

Kamis, 15 Nopember 2018 21:08:14
Reporter : Deni Ali Setiono
Korupsi Rp 224 Juta, Kades Segoromadu Jalani Sidang Perdana

Gresik (beritajatim.com)- Diduga terjerat kasus korupsi senilai Rp 224 juta. Kepala Desa (Kades) Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Gresik, Samsul Huda menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Terdakwa diseret ke 'meja hijau' karena melakukan tindak korupsi 11 item proyek desa senilai Rp 820 juta. Dari total anggaran tersebut ditemukan tidak sesuai dengan rencana anggara biaya (RAB). Sehingga, terdakwa dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 nomor 31 tahun 1999 serta UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Terdakwa tidak keberatan,” kata Kasi Pidsus Kejari Gresik Andrie Dwi Subianto.

Ia menambahkan, dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) tidak dibantah sedikitpun oleh terdakwa. Sehingga, sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

"Dugaan korupsi tersebut berdasarkan hasil audit Inspektorat dan tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Misalnya, pembangunan drainase jalan poros desa dengan anggaran Rp 94 juta. Namun, hasil audit tersebut ditemukan selisih sebesar Rp 74 juta. Laporan kegiatannya fiktif. Sampai sekarang kerugian negara belum ada yang dikembalikan sama sekali,” ujar Andrie. [dny/ted]

Tag : korupsi gresik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal