Mantan Kadinkes Gresik Kembalikan Uang Korupsi dengan Cara Mengangsur

Selasa, 30 Oktober 2018 19:02:34
Reporter : Deni Ali Setiono
Mantan Kadinkes Gresik Kembalikan Uang Korupsi dengan Cara Mengangsur

Gresik (beritajatim.com)- Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik, dr Nurul Dholam mengembalikan uang dugaan hasil korupsi senilai Rp 2,45 miliar. Namun, dengan cara mengangsur sebesar Rp 500 juta ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik.

Uang yang dibawa oleh istrinya terdiri dikemas menjadi 60 bendel. Terdiri dari pecahan Rp 50 ribuan dan Rp 100 ribuan. Saat mengembalikan uang tersebut didampingi oleh kuasa hukumnya Adi Sutrisno, SH.

Penyerahan uang tersebut diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gresik, Pandoe Pramoekartika. Kasi Pidsus Andrie Dwi Subianto, dan Kasi Intel Bayu Probo Sutopo.

"Perkara yang melibatkan mantan Kadinkes Gresik, sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya. Sidang perdana digelar pada 6 November 2018, dan kami saat ini juga menerima titipan uang kerugian negara sebesar Rp 500 juta dari terdakwa," ujarnya, Selasa (30/10/2018).

Pandoe menjelaskan, uang titipan tersebut telah dimasukan ke dalam rekening penitipan kerugian negara. Bahkan, untuk melakukan penghitungan, dirinya mengundang salah satu perwakilan dari bank.

"Untuk sisanya kita lihat nanti. Tidak menutup kemungkinan akan dikembalikan juga," paparnya.

Masih menurut Pandoe, pengembalian uang itu merupakan iktikad baik terdakwa. Pasalnya, akan menjadi pertimbangan untuk memberikan tuntutan dalam persidangan.

"Pengembalian uang negara ini juga bagian upaya iktikad baik bagi terdakwa," tuturnya.

Kuasa hukum terdakwa Adi Sutrisno, SH mengatakan, kliennya akan mengembalikan seluruh kerugian negara. Rencananya, pekan depan sisanya akan diberikan.

"Klien kami beriktikad baik harapannya, jaksa bisa mempertimbangkan lagi soal penuntutan,” pungkasnya.[dny/ted]

Tag : korupsi gresik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal