Pelaku Diciduk, 16 Motor Curian Disita

Kamis, 13 September 2018 22:27:01
Reporter : Tulus Adarrma
Pelaku Diciduk, 16 Motor Curian Disita

Bojonegoro (beritajatim.com) - Tersangka berinisial ML (50), warga Dusun Kalipang, Desa Banjaranyar, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro sudah tidak berkutik. Pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) itu dilumpuhkan oleh anggota Resmob Polres Bojonegoro.

ML dibekuk polisi pada, Rabu 5 September 2018 kemarin, di tempat kosnya Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Penangkapan ML merupakan hasil pengembangan dari penangkapan tersangka sebelumnya, yakni WS (34), warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang berperan sebagai penadah hasil pencurian dari tersangka ML.

Dari tangan keduanya, polisi berhasil mengamankan sebanyak 16 sepeda motor hasil curian dari tersangka ML selama sembilan bulan terakhir. Kasus tersebut kini masih dikembangkan. Polisi masih akan mengungkap indikasi tempat kejadian perkara (TKP) dan barang bukti lain.

"Masih terus kami kembangkan untuk mengungkap TKP dan barang bukti lainnya, khususnya sepeda motor yang sudah dijual kepada para penadah," ujar Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli saat press release, Kamis siang (13/9/18).

Dia menerangkan, tersangka ML dalam aksinya selama ini secara sendirian. ML beroperasi di sekitar Kecamatan Kapas, Kalitidu, Balen, Dander hingga Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Pria beranak satu tersebut menggasak sepeda motor para korban yang diparkir di teras rumah hingga sepeda motor yang diparkir di pematang sawah.

"Modusnya dengan cara merusak kunci motor menggunakan kunci T yang telah disiapkan," beber AKBP Ary Fadli.

Kapolres juga menambahkan, pelaku merupakan seorang residivis pencurian kendaraan bermotor di wilayah Bojonegoro beberapa tahun silam, serta pembobolan sekolahan di daerah Kapas, hingga pencurian hewan ternak di wilayah hukum Polres Ngawi.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya yang mengalami kehilangan sepeda motor dalam kurun waktu 2018 ini untuk mendatangi Mapolres Bojonegoro dengan membawa surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor. "Siapa tahu sepeda motornya dicuri oleh tersangka," imbaunya.

Akibat ulahnya ML dijerat pasal 363 juncto pasal 65 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara. Tersangka WS (penadah) juga terancam pasal 363 KUHP dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara. [lus/suf]

Tag : curanmor

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal