Warga Bangladesh Diringkus Kantor Imigrasi Kediri

Rabu, 08 Agustus 2018 19:11:07
Reporter : Nanang Masyhari
Warga Bangladesh Diringkus Kantor Imigrasi Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Kantor Imigrasi Klas III Kediri mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Bangladesh dengan nama Miah Helal (28) yang tinggal di Desa Pehwetan, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Pasalnya, Miah Helal terbukti melanggar izin tinggal.

"Dia melanggar,  karena izin tinggalnya melebihi batas waktu izin tinggal,” kata Kepala Kantor Imigrasi Klas III Kediri Rakha Sukma Purnama dalam jumpa pers, Rabu (8/8/2018). Penangkapan WAN asal Bangladesh hasil dari penyelidikan Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) dalam hal ini perangkat Desa Peh Wetan,  Kepolisian maupun TNI.

Miah Helal datang ke Kediri untuk mengikuti istrinya. Keduanya bertemu dan menikah secara siri sewaktu berada di Malaysia. Rakha menjelaskan, izin tinggalnya Helal selama 30 hari, dimulai pada  25 April lalu. Namun hingga sekarang WNA sudah lebih hingga 75 hari berada di Indonesia. Untuk  itu pihaknya langsung melakukan penangkapan.

"Kita lakukan  pemeriksaan, dan jika terbukti kita akan deportasi,  tak hanya deportasi dia juga akan kita masukkan daftar pencekalan  pada WNA ini, " tegasnya.

Pada tahun 2018, Kantor Imigrasi Kediri telah mendeportasi sebanyak 5 WNA. Para WNA ini dideportasi rata -rata karena melanggar  ketentuan izin tinggal. Mereka berasal dari berbagai negara di antaranya, dari Malaysia dan Thailand. [nng/but]

Tag : imigrasi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal