Ditinggal Tahlil, Rumah Disatroni Maling, Puluhan Juta Raib

Kamis, 31 Mei 2018 21:14:22
Reporter : Tulus Adarrma
Ditinggal Tahlil, Rumah Disatroni Maling, Puluhan Juta Raib


Bojonegoro (brritajatim.com) - Komplotan pencuri yang menjarah sebuah rumah saat ditinggal penghuninya tahlil berhasil diamankan petugas kepolisian.

Komplotan pencuri itu terdiri dari tiga orang. Mereka diamankan anggota Polsek Kanor bersama Tim Buser Sat Reskrim Polres Bojonegoro pada, Selasa (28/5/2018).

Ketiga orang pelaku tersebut KSD (42), DYO (53) dan SYN (44), ketiganya warga Kecamatan Kanor, sedangkan korbannya Siti Aminah (46) warga Dusun Berek, Desa Cangaan, RT 003 RW 003 Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Di rumah korban, pelaku berhasil menjarah harta korban lebih dari Rp10 juta.

"Saat ini, ketiga pelaku berikut barang bukti uang tunai dan perhiasan telah diamankan di Mapolsek Kanor guna menjalani proses hukum lebih lanjut," ujar Kapolsek Kanor, AKP Imam Khanafi SH, Kamis (31/5/2018).

Imam Khanafi menjelaskan, kasus pencurian tersebut terjadi pada Minggu (6/5/2018) sekira pukul 18.00 WIB lalu, saat korban beserta keluarganya keluar rumah untuk tahlilan di rumah besannya, di Dusun Jetis, Desa Cangaan, Kecamatan Kanor. Selanjutnya pada pukul 20.30 WIB, saat sudah sampai di rumah mendapati lemari kacanya pecah.

Setelah korban mengecek isi lemari dan tas yang disimpan di dalam lemari tersebut, ternyata uang yang berada di dalam tas sejumlah Rp2 juta dan 2 gelang seberat 21,7 gram serta 3 cincin seberat 10,6 gram sudah hilang. Berdasarkan hasil olah TKP, diperkirakan pelaku memasuki rumah korban melewati atas kamar mandi yang terbuat dari ayaman bambu dan mencongkel jendela serta merusak jeruji jendela yang terbuat dari kayu.

"Setelah berhasil masuk kedalam rumah pelaku memasuki kamar korban lalu merusak kaca lemari dan mengambil uang serta perhiasan milik korban kemudian pelaku keluar lewat pintu samping," jelas Kapolsek.

Dari hasil interogasi awal, diketahui peran ketiga orang pelaku tersebut yaitu, KSD (42) berperan sebagai pelaku yang masuk ke dalam rumah korban, DYO (53) berperan mengamati situasi di luar rumah korban dan SYN (44), berperan menjual perhiasan hasil curian kepada seseorang di  wilayah Kabupaten Kediri. Atas perbuatannya, pelaku disangka telah melanggar Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Pelaku diancam dengan hukuman tujuh tahun penjara. [lus/ted]

Tag : pencurian bojonegoro

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal