Jelang Puasa, Polres Tuban Musnahkan Miras Hasil Operasi

Selasa, 15 Mei 2018 19:27:03
Reporter : M Muthohar
Jelang Puasa, Polres Tuban Musnahkan Miras Hasil Operasi

Tuban (beritajatim.com) - Selama pelaksanaan operasi Cipta Kondisi (Cipkon) yang telah berlangsung selama beberapa hari terakhir, pihak jajaran Polres Tuban telah berhasil mengamankan berbagai macam minuman keras (Miras) dari berbagai tempat.

Kali ini pihak kepolisian langsung melakukan pemusnahan terhadap barang bukti Miras yang berhasil ditangkap selama operasi menjelang bulan puasa ini.

Kegiatan pemusnahan barang bukti miras tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda Tuban bersama dengan ulama, tokoh masyarakat dan juga berbagai elemen masyarakat, Selasa (15/5/2018).

Data yang dihimpun beritajatim.com, terdapat beberapa jeni Miras yang dilakukan pemusnahan menjelang bulan puasa kali ini. Diantaranya adalah Anggur Koleson, minuman oplosan gingseng, dan yang paling banyak adalah Arak yang langsung ditangkap dari lokasi pabriknya.

"Untuk Miras Arak yang kita musnahkan hari ini sekitar 1.302 liter. Dan untuk bacemannya atau bahan Arak sekitar 29.845 liter," terang AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban setelah kegiatan pemusnahan barang bukti Miras tersebut.

Adapun untuk Anggur Kolesom yang ikut dimusnahkan sebanyak 113 botol, 31,5 liter anggur dan 6,2 liter gingseng yang menyalahi aturan. Selain itu, untuk peralatan pembuatan Arak yang dimuskah dalam kesempatan kali ini adalah sebanyak delapan dandang besar yang digunakan untuk produksi Arak.

"Arak ini kadar alkoholnya tinggi. Berdasarkan hasil lab dan juga pemeriksaan, Arak ini jika dicampur dengan bahan lain kadar alkoholnya bisa mencapai sekitar 70 persen," tambahnya.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberikan apresiasi terhadap upaya pihak jajaran Polres Tuban yang telah melakukan pemberantasan keberadaan Miras di Tuban Bumi Wali itu. Yang mana selama ini secara bersama-sama dengan semua pihak terus berkomitmen untuk memberantas Miras khususnya produksi Arak.

"Kegiatan seperti ini bukan hanya sekedar seremonial semata. Namun ini adalah sebagai bukti nyata dan sebuah tekad untuk memberantas Miras di Tuban Bumi Wali ini," ungkap Budi Wiyana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu.[mut/ted]

Tag : polres tuban

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal