Polisi Ringkus Pencuri Ponsel Milik Penjual Roti

Senin, 16 April 2018 17:04:16
Reporter : Deni Ali Setiono
Polisi Ringkus Pencuri Ponsel Milik Penjual Roti

Gresik (beritajatim.com) - Jajaran Satreskrim Polres Gresik meringkus pencuri ponsel milik penjual roti. Tersangka SMJ (44) warga Desa Randupadangan, Kecamatan Menganti, Gresik tidak berkutik saat polisi menangkap dirinya. 

Dari hasil penangkapan itu, polisi menyita barang bukti sebuah ponsel merek OPPO tipe F1S. 

Kasus pencurian ponsel ini terungkap berawal saat DS (30) warga asal Widang, Tuban yang berprofesi sebagai penjual roti goreng keliling di daerah Hulaan, Menganti, Gresik. 

Usai berjualan, korban beristirahat lalu melakukan sholat Ashar sambil membawa ponsel. Selanjutnya, ponsel milik korban dimasukkan ke dalam tas yang digantungkan di dinding bangunan. 

Pada saat melakukan sholat, istri korban bergantian melayani pembeli. Bersamaan dengan itu, datang seorang pembeli yang dilayani istri korban. 

Pembeli yang datang tidak lain adalah SMJ mengambil ponsel korban yang diletakkan digantungkan dinding bangunan. 

Selesai sholat, korban yang hendak mengambil ponselnya tiba-tiba kaget. Pasalnya, ponsel miliknya sudah raib dicuri tersangka. 

Mengetahui ponselnya dicuri orang, selanjutnya korban melaporkan kejadian itu ke polisi yang langsung melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan, ponsel korban ditemukan di daerah Ngemplak, Lakarsantri, Surabaya. 

Dalam waktu tidak lama, polisi mengetahui pemakai akhir ponsel curian adalah JA (29) warga asal Sambikerep, Surabaya. 

Selanjutnya, JA diamankan oleh polisi lalu dikembangkan kasus ini untuk mencari tahu siapa pencurinya. "Hasil pengembangan penyelidikan tersangka mengarah ke SMJ. Pasalnya, JA mendapat ponsel itu dari tersangka," ujar Kanit Pidum Satreskrim Polres Gresik, Iptu Dawud, Senin (16/04/2018).

Dawud menambahkan, saat memeriksa JA dia tahu bahwa ponsel tersebut merupakan hasil curian dari salah satu penjual roti goreng keliling. 

"Saksi JA mengetahui hal itu saat kami periksa. Atas dasar itu kami melakukan penangkapan SMJ di rumahnya, dan tersangka dijerat dengan pasal 362 KHUP," tambahnya. 

Sementara, dihadapan penyidik SMJ terpaksa mencuri karena ingin memiliki ponsel. Naluri mencurinya timbul saat melihat ponsel milik penjual roti yang diletakkan digantungan dinding bangunan. 

"Saya mencuri saat korbannya lengah, kebetulan bersamaan dengan itu sedang menjalankan sholat dan ponsel digantungkan dalam tas," pungkasnya. [dny/ted]

Tag : pencurian gresik

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal