Polisi Tetapkan Penggadai Mobil Asal Manding Sebagai Penadah

Selasa, 13 Maret 2018 21:59:00
Reporter : Temmy P.
Polisi Tetapkan Penggadai Mobil Asal Manding Sebagai Penadah

Sumenep (beritajatim.com) - Tim penyidik Polres Sumenep menetapkan Nur Kholis (40), warga Desa Giring, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep sebagai tersangka penadah mobil rental yang digadaikan.

"Dari hasil penyelidikan, pemeriksaan, dan bukti-bukti, tindakan tersangka telah memenuhi unsur pasal 480 KUHP, yakni penadah," kata Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP Tego S. Marwoto, Selasa (13/03/2018).

Nur Kholis dijemput paksa polisi pada Senin (12/03/2018) malam di rumahnya. Ia diduga telah menggadaikan mobil APV dari Supeno (28), yang masih tetangganya sendiri. Nur Kholis menggadaikan pada warga lenteng seharga Rp 40 juta.

Versi keluarga Nur Kholis, mobil APV itu diterima dari Supeno sebagai jaminan karena Supeno punya tanggungan hutang pada Nur Kholis Rp 30 juta. Namun ternyata mobil APV itu bukan milik Supeno, melainkan mobil rentalan. Padahal mobil itu terlanjur digadaikan lagi oleh Nur Kholis.

"Tersangka Nur Kholis ini sudah dua kali kami panggil untuk dimintai keterangan, ternyata tidak datang. Akhirnya yang ketiga kalinya ya kami jemput paksa," terang Tego.

Menurutnya, sesuai aturan, apabila unsur 480 telah terpenuhi, maka penyidik boleh menetapkan sebagai tersangka penadah, tanpa harus menunggu ada tersangka utama.

"Tapi tentu saja tetap akan kami cari tersangka utamanya. Karena selain Nur Kholis, ada orang-orang lain yang terlibat. Kami sudah mengantongi bukti-buktinya," papar Tego.

Penangkapan Nur Kholis sempat menuai protes. Istri Nur Kholis bersama puluhan ibu yang masih kerabat dan tetangganya, mendatangi Polres Sumenep.

Istri Nur Kholis, Rizkiyah, bersikukuh bahwa suaminya tidak bersalah. Versinya, ia menerima gadai mobil APV dari Supeno Rp 30 juta karena ingin menolong Supeno yang mengaku butuh uang untuk mengisi toko yang baru dibangunnya.

Mobil kemudian digadaikan lagi ke Lenteng seharga Rp 40 juta. Belakangan diketahui bahwa mobil itu merupakan mobil rentalan. (tem/ted)

Tag : demo sumenep

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal