Buat Order Palsu

Sopir Taksi Online Dibekuk Polisi

Selasa, 13 Maret 2018 16:47:02
Reporter : Nyuciek Asih
Sopir Taksi Online Dibekuk Polisi

Surabaya (beritajatim.com) - Subdit V Ditreskrimsus Polda Jatim membekuk empat sopir taksi online, mereka adalah DCT, MGH, KDSK dan JS. Keempat sopir Grap ini dijadikan tersangka atas tindak pidana tentang informatika dan tranksaksi elektronik (ITE).

Kabid humas Polda Jatim Frans Barung Mangera menyatakan, modus operandi yang dilakukan para tersangka adalah dengan membuat order fiktif dengan menggunakan HP penumpang fiktif yang dilakukan tersangka sendiri dan seolah-olah benar memang ada pemesanan order melalui layanan taksi online Grab yang dilakukan oleh penumpang.

"Padahal tersangka sendiri yang memesan dan menggunakan HP pelor sebanyak 16 unit, dengan maksud pesanan order dari penumpang fiktif tersebut nantinya diberikan kepada tersangka sebagai driver yang ditunjuk oleh perusahaan Grab, dengan tujuan para tersangka agar memenuhi target dan mendapatkan inisiatif atau bonus dari taksi online Grab," ujar Frans dalam jumpa persnya, Selasa (13/3/2018).

Sementara wakil Direktur Kriminal Khusus (Wadirsus) Polda Jatim Arman Asmara Syarifuddin menyatakan penangkapan terhadap tersangka dilakukan pada 5 Maret 2018 sekitar pukul 17.00 Wib. Setelah mengamankan tersangka yakni DCT,MGH,JS petugas kemudian mengembangkan perkara tersebut dan ditemukan fakta bahwa kegiatan manipulasi dalam pemesanan order fiktif dengan menggunakan HP penumpang dan dikelola oleh grup whatshaap bernama Xero sejak Nopember 2017 dengan pengurus dan bendahara bernama MH yang mengelola iuran setiap driver sebesar Rp 350 ribu tiap bulan.

"Kemudian dilakukan penangkapan terhadap tersangka MH," ujarnya. [uci/but]

Tag : penipuan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Hukum & Kriminal