Produksi di Gang Sempit, Pabrik Arak Terendus Petugas

Selasa, 03 Oktober 2017 21:23:24
Reporter : M Muthohar
Produksi di Gang Sempit, Pabrik Arak Terendus Petugas

Tuban (beritajatim.com) - Penggrebekan terhadap pabrik pembuat minuman keras (Miras) jenis Arak yang masih nekad beroperasi terus dilakukan oleh petugas gabungan dari Polsek Semanding dan Satpol PP di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dalam penggrebekan kali ini petugas berhasil mengamankan belasan botol berisikan Arak yang sudah siap untuk dipasarkan. Saat dilakukan penggrebekan pabrik tersebut baru saja melakukan produksi lantaran dandang masih dalam kondisi panas.

Kali ini, pabrik Arak yang digrebek tersebut berada di sebuah rumah milik Supriyono (41), warga Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Rumah yang menjadi tempat produksi Arak itu berada di gang sempit yang merupakan kawasan pemukiman penduduk.

"Dari hasil pemeriksaan tempat ini sudah beroperasi sekitar tujuh bulan. Tapi pelaku sering buka tutup untuk produksinya" kata AKP Desis Susilo, Kapolsek Semanding, Polres Tuban, Selasa (3/10/2017).

Penggrebekan itu berdasarkan informasi dari masyarakat yang mencurigai tentang aktivitas di ruangan khusus yang berada di samping rumah milik pelaku. Ketika mendapatkan laporan tim Saber Miras Semanding langsung melakukan penyelidikan dengan mengintai lokasi pabrik itu.

"Saat dilakukan operasi tempat ini baru selesai melakukan produki Arak. Karena peralatannya masih panas," tambahnya.

Miras jenis Arak yang ditemukan dalam lokasi terdapat sebanyak 18 botol dengan total sekitar 27 liter. Selain itu dua dandang tembaga untuk proses menyuling Arak, dua kompor gas, tabung elpiji dan juga bahan baku yang siang di olah sekitar 400 liter.

"Pelaku langsung kita amankan untuk dilakukan pemeriksaan proses lebih lanjut. Yang bersangkutan kita jerat dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan junto pasal 204 KUHP," pungkasnya.[mut/ted]

Tag : miras tuban

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal